Pages

Share

7 Tempat Wisata di Situbondo yang Wajib Anda Jumpai

Thursday 14 May 2015

1. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih terletak di Dusun Kembangsambi, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo. Pasir Putih adalah salah satu tujuan wisata pantai andalan bagi Provinsi Jawa Timur. Hal ini dikarenakan letaknya yang sangat strategis, yaitu di pinggiran jalan utama Surabaya-Banyuwangi. Pantai ini memang memiliki hamparan pasir yang putih, dan morfologi di pantai ini pun terbilang unik. Topografinya yang berbentuk melengkung menghadap ke laut dengan latar belakang hutan yang membentuk gugusan panorama sangat indah.



2. Air Terjun Setancak

Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 8 meter. Selain dapat menikmati pemandangan air terjun yang sejuk, ketika bertandang ke air terjun ini Anda akan disuguhi berbagaipemandangan menarik lainnya seperti burung walet yang bersarang di sekitar air terjun tersebut. Sebenarnya air terjun ini merupakan tempat bagi burung walet untuk mandi. Tapi tidak sembarang waktu mereka mandi, sekitar jam 6 pagi dan jam 5 sore. Jadi jika Anda ingin melihat burung-burung tersebut mandi, datanglah ke air terjun pada jam-jam tersebut.

3. Perkebunan Kopi Kayu Mas

Lokasi Perkebunan Kayumas terletak di Kecamatan Arjasa kurang lebih 47 km dari kota Situbondo. Awalnya adalah kebun kopi Arabica dan sedikit tanaman kina yang dibangun pada tahun 1886.
Komoditi utama yang dibudidayakan adalah Kopi Arabika dengan brand name “ JAVA COFFEE KAYUMAS”. Saat ini Kayumas mengembangkan produk kopi luwak. Untuk Anda yang ingin berkunjung ke perkebunan ini tersedia akomodasi dan paket wisata dengan harga yang relatif terjangkau.


4. Puncak Rengganis (Gunung Argopuro)

Gunung Argopuro memiliki ketinggian sekitar 3.088 meter, dan merupakan bekas Gunung Berapi yang sudah tidak aktif. Gunung ini termasuk dari bagian pegunungan Iyang. Ada beberapa puncak yang dimiliki oleh gunung ini, puncak yang paling terkenal bernama Puncak Rengganis. Dipuncak ini berada tanda situs Rengganis berupa teras-teras berundak yang terdiri dari 3 kompleks purbakala dengan 5 bekas bangunan.



5. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran terletak di kecamatan Banyuputih, Ujung Timur Kabupaten Situbondo. Gugusan tepi pantai dari sisi timur hingga ke sisi utara membentang menjadi batas kawasan Taman Nasional Baluran. Taman Nasional ini adalah konservasi berbagai flora dan fauna. Para wisatawan bisa menikmati padang rumput dan hutan yang menjadi rumah beberapa hewan yang dilindungi seperti banteng, rusa, kerbau liar, dan merak.

6. Padang Rumput Sikasur

Padang rumput sikasur terletak di sebuah daerah antara Gunung Hyan, lokasinya di desa Baderan, Kecamatan Sumber Malang. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata hamparan luas padang rumput yang hijau dan asri. Ketika Anda mengunjungi padang rumput Anda akan menemukan sebuah danau bernama Sitanjung yang akan memberikan Anda suasana eksotis padang rumput ini secara lebih nyata.




7. Bekol Savannah

Bekol dan Semiang merupakan pos untuk pengamatan satwa seperti ayam hutan, rusa, merak, kerbau liar, banteng, dan burung dimana terdapat sebuah menara padang yang berfungsi untuk pengawasan tersebut.

1 comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags