Pages

Share

7 Air terjun cantik di lombok

Saturday 23 May 2015

1. Air terjun Sendang Gile

Air terjun Sendang Gile adalah air terjun yang terletak di desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara, propinsi Nusa Tenggara Barat. Lebih tepatnya berada di kawasan desa Senaru, 2 kilometer dari desa Bayan. Objek wisata ini masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Ini disebabkan karena air terjun ini merupakan pintu masuk pendakian menuju gunung Rinjani. Selain itu, ternyata air di Sendang Gile berasal dari mata air di Gunung Rinjani yang sangat sejuk dan alami.

Untuk menuju ke tempat ini, para pengunjung harus melalui dua ratusan anak tangga yang mencapai ketinggian 40 meter, dan jembatan berlubang melalui sebuah lembah yang membutuhkan waktu penjelajahan sekitar 15 menit. Perjalanan alternatif juga bisa dilakukan dengan cara menyelusuri pinggir lembah yang agak curam dan mengikuti saluran irigasi serta menyeberangi jembatan yang terbuat dari rotan.

2. Air terjun Tiu Pupas

Air terjun Tiu Pupas terletak di dusun Kerurak, desa Genggaleng, kecamatan Gangga, Lombok Utara. Lokasi ini berjarak sekitar 70 meter dari Mataram. Untuk mencapai tempat ini sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena belum tersedia angkutan umum. Rute perjalanan yang bisa ditempuh adalah Mataram – Pemenang – Tanjung – Gondang – Ledang Bagian – Keruak.

Air terjun seluas sekiatr 100 m persegi ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan kedalam kolam mencapai 4 meter. Nama air terjun ini diambil dari bahasa lokal yakni “Tiu” yang mempunyai arti “genangan air dalam jumlah yang besar”. Sedangkan “Pupas” berarti sebuah akar yang tumbuh dari sebuah pohon yang biasanya hidup di tebing-tebing sungai dan daerah pegunungan yang tinggi.

Keindahan air terjun Tiu Pupas berbalut view pegunungan hijau yang nampak begitu asri. Tak heran jika hawanya sangat sejuk dan segar. Tumbuhan-tumbuhan hijau pun menghiasi dinding sekitar air terjun. Sungguh elok paras air terjun ini. Apalagi jika anda berkunjung kemari, tentu saja suasana nyaman, bahagia, akan anda dapatkan. Tempat ini pun sangat cocok bagi anda yang mendambakan ketenangan. Air terjun ini bisa dibilang masih sangat perawan karena tak banyak yang mengetahui keberadaannya.

3. Air Terjun Tiu Teja

Air terjun ini berada di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara. Akses menuju lokasi air terjun ini terbilang cukup mudah, namun disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan karena tidak ada kendaraan umum.

Namanya Tiu Teja yang artinya “pelangi”. Ketinggian air terjun Tiu Teja sekitar 40 meter dengan lebar 10 meter. Di sekeliling lokasi ini ditumbuhi tumbuh-tumbuhan yang asri dan lebat. Dibawah air terjun ini terdapat kolam kecil yang bisa digunakan untuk berenang dan bermain. Lokasi air terjun ini berjarak 35 km dari Bangsal.








4. Air Terjun Mayung Putek

Air terjun Mayung Putek, beberapa diantaranya menuliskan dengan “puteq”, mempunyai ketinggian sekitar 60 meter. Selain tergolong cukup tinggi, air yang deras menghujam ke bawah itu ternyata mengandung belerang karena berasal langsung dari Rinjani. Itu mengapa air terjun Mayung Putek berwarna putih dan mempunyai khasiat bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Tempat wisata ini cocok untuk didatangi beramai-ramai dengan kerabat atau teman. Sambil menikmati deburan air yang jatuh ke bumi, kita bisa bercanda bersama. Kawasan ini juga masih sangat alami dengan udara yang bersih. Pemandangan indah dan menawan karena berada di kawasan kaki pegunungan Rinjani. Kita bisa menikmati air yang dingin dan menyehatkan serta pemandangan yang elok sekaligus. Pada musim liburan, banyak wisatawan yang memanfaatkan waktu luangnya untuk bersantai di air terjun Mayung Putek. Sayangnya, tidak fasilitas pendukung yang bisa dimanfaatkan pengunjung seperti misalnya toilet atau mushola.

5. Air Terjun Jeruk Manis/ Air Terjun Jukut

Air terjun Jeruk Manis ini punya ketinggian sekitar 40 meter dengan curah air yang sangat besar dan jernih. Objek wisata yang menyegarkan ini berada di kaki gunung Rinjani tepatnya di sebelah selatan kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Rinjani. Menurut cerita yang turun temurun, air terjun ini dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit terutama juga berkhasiat untuk menyuburkan rambut. Untuk pengobatan penyakit, biasanya dilakukan dengan ritual tradisional yang dipimpin oleh seorang Pemangku. Bagi yang ingin sekedar bermain, Anda bisa berenang sepuasnya disini. Air terjun Jukut merupakan titik awal yang biasa digunakan para pendaki untuk naik ke Puncak Rinjani, oleh karenanya jika Anda ingin kesini, Anda harus berjalan kaki selama satu setengah jam dari Tetebatu. Dengan pemandangan alam yang indah, perjalanan Anda tidak akan terasa melelahkan.

6. Air terjun benang kelambu

Air Terjun Benang Kelambu adalah air terjun yang paling terkenal di Pulau Lombok. Wisata alam air terjun ini berada di kaki Gunung Agung, tepat di tengah-tengah Pulau Lombok. Air Terjun Benang Kelambu terletak sekitar 32 Kilometer dari Kota Mataram, atau sekitar 1 jam perjalanan. Anda bisa menempuh jalur Mataram-Narmada-Sedau-Pancor Dau-Teratak-Desa Aik Berik. Disarankan agar Anda bertanya pada penduduk setempat mengenai lokasi air terjun ini. Karena hanya ada satu tanda jalan menuju Air Terjun Benang Kelambu.

7. Air Terjun Joben

Air terjun Joben disebut juga dengan air terjun Otak Kokok Gading memiliki ketinggian terjunan air sekitar 5 meter. Airnya keluar dari akar pohon Banjur yang berumur ratusan tahun. Air terjun Joben berkhasiat menyembuhkan penyakit. Jika buih air yang menyentuh badan kita berubah warna menjadi putih, artinya badan kita terkena penyakit. Joben terletak di Desa Montong Betok, Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur. Keindahan alam air terjun Joben tak diragukan lagi dan sejajar dengan air terjun lainnya di Lombok. Itu mengapa banyak wisatawan yang mengunjungi destinasi ini.

No comments:

Post a Comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags