Pages

Share

5 Pulau dengan Wajah Cantiknya di Sumatera Utara

Saturday 23 May 2015

1. Pulau Mursala

Pulau Mursala terletak di kepulauan kota Sibolga, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Pulau Mursala memiliki banyak objek wisata yang menarik, salah satunya adalah air terjun. Air terjun Mursala adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat mengunjungi pulau ini karena merupakan salah satu air terjun terindah di tanah air dan langsung bermuara ke laut.



Air terjun Mursala memiliki ketinggian sekitar 35 m dari perbukitan yang membentuk tebing terjal. Tebing – tebing ini terdiri dari bebatuan granit berwarna merah kecoklatan. Air terjun ini bermuara di Samudera Hindia. Di bawah air terjun, terdapat banyak biota laut yang masih terjaga kealamiannya.
Biota laut tersebut terdiri dari berbagai macam ikan hias dan terumbu karang yang jenisnya paling langka yaitu Coral Reef.


2. Pulau Siroktabe

Pulau Siroktabe terletak di kawasan Sumatera Utara. Tak ada fasilitas seperti tempat menginap atau tempat makan atau warung makan di Pulau Siroktabe ini. Tapi, justru di sanalah daya tariknya. Pulau ini akan serasa menjadi pulau pribadi dengan tenang dan nyamannya suasana yang akan anda temukan ketika mengunjunginya.

Selain menikmati keindahan pulau, yang terdiri dari pantai yang eksotis dengan pasir pantai yang memesonanya, Pulau Siroktabe ini pun menjadi salah satu pulau yang memiliki biota laut yang masih terjaga. Diving atau snorkeling pun dapat anda lakukan sebagai kegiatan pilihan ketika menghabiskan waktu di Pulau Siroktabe yang menawan ini.


3. Pulau Berhala

Saat matahari terbenam di pulau Berhala, pantainya menjadi gelap. Tetapi pasir -pasir bercahaya berwarna biru terang, jumlahnya sangat banyak. Fenomena ini terjadi karena jutaan fitoplankton kecil yang bercahaya sangat mengagumkan terdampar oleh pasang –surut di pantai Pulau Berhala. Hal ini dapat terlihat saat hari mulai gelap. Hingga membuat pulau cantik ini menjadi lebih cantik tak terduakan. Banyak fasilitas yang di tawarkan di pulau Berhala seperti pelepasan penyu, keliling pulau, snorkling dan masih banyak lagi yang lainnya.


4. Pulau Samosir

Pulau Samosir terletak dalam wilayah Kabupaten Samosir dan merupakan sebuah pulau vulkanik yang berada di tengah Danau Toba di provinsi Sumatera Utara. Pulau Samosir biasa disebut pulau dalam pulau dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, sehingga menjadikan pulau ini menjadi sebuah pulau yang menarik perhatian para turis. Di pulau ini juga terdapat dua buah danau kecil sebagai daerah wisata yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang yang mendapat julukan "danau di atas danau".


5. Pulau Tello

Pulau Tello yang berada di Samudra Hindia ini memiliki keindahan alam yang membuatnya selalu masuk dalam destinasi traveling para wisatawan luar negeri, khususnya para surfer. Karena pada bulan-bulan tertentu, saat ombak sedang tinggi, Pulau Tello akan ramai sekali dikunjungi.

Seperti pantai-pantai di pulau-pulau kecil lainnya di Indonesia, pantai-pantai di Pulau Tello juga memiliki karakteristik yang sama. Semua mata akan terpana ketika melihat pantai pasir putih yang landai dan birunya laut. Tidak hanya pantai, alam bawah lautnya juga sangat menarik untuk diselami. Beberapa spot snorkeling terdapat di sekitar pantai di pulau ini.

No comments:

Post a Comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags