Pages

Share

4 Pantai yang Terkenal di Pontianak

Tuesday 5 May 2015

1. Pantai Kijing

Pantai Kijing merupakan pantai yang indah, terletak 18 km dari arah Utara Kota Mempawah menuju arah Kota Singkawang. Pantai Kijing sendiri lokasinya sebenarnya berada di daerah Mempawah. Pantai ini menarik wisatawan lantaran pesisir pantainya yang penuh pohon kelapa dan pasir putih yang landai. Dulunya, Pantai Kijing merupakan tempat hidupnya hutan mngrove dengan berbagai jenis biota laut seperti kepiting, kerang, dan sebagainya.

Hamparan laut yang luas langsung terlihat begitu memasuki kawasan ini. Warna airnya tampak kecoklatan di pinggir pantai.
Makin ke tengah makin membiru. Ombak kecil tampak berkejar-kejaran diterpa angin. Satu dua kapal tampak berlayar di laut itu. Terdapat sebuah bukit yang dipenuhi dengan berbagai jenis tumbuhan dan pohon yang berbaris rapi dengan jarak antar pohon yang nyaris sama. Hamparan rumput-rumput liar yang hijau tumbuh di antara deretan pohon kelapa ini.

2. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang terletak di Kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang, Pontianak. Pantai ini memiliki pasir putih yang cantik dan ombak yang tenang. Hamparan pasir pantainya yang luas dan bersih menjadikan kawasan ini nyaman digunakan untuk berjemur atau melakukan aktivitas olahraga, seperti voli pantai dan sepakbola pantai. Bila bosan di pantai, pengunjung dapat melihat-lihat kehidupan masyarakat kampung nelayan yang tidak terlalu jauh dari lokasi pantai, atau bersantai di shelter-shelter yang terdapat di Semenanjung Cinta.

3. Pantai Jungkat

Pantai Jungkat lebih dikenal dengan sebutan pantai Bedenyut, terletak di Pontianak, berada tepat dengan kuala muara sungai Kapuas, Kalimantan Barat. Pantai ini menghadap ke arah barat, sehingga tepat sekali jika anda berkunjung pada waktu sore hari untuk melihat keindahan matahari terbenam. Banyak sekali hal-hal mengasikkan yang bisa anda lakukan disini, seperti memancing, bersantai, atau sekedar menikmati pemandangan sunset.

Yang menjadi mainan paling disukai oleh wisatawan di kolam besar tersebut adalah permainan dimana para wisatawan mengendalikan kapal kecil yang bentuknya bundar dan digerakkan dengan mesin.

4. Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung terletak di  di Kabupaten Bengkayang, Pontianak. Pantai Batu Payung merupakan salah satu pantai di Indonesia yang memiliki pasir putih dan bebatuan yang menjorok ke laut. Di tengah laut dari pantai ini terdapat sebuah batu yang berbentuk seperti payung. Pantai ini memiliki keindahan yang tidak kalah dengan pantai lainnya, anda bisa melihat pulau-pulau kecil yang hijau dari kejauhan. Wisata pantai yang akan memberikan anda ketenangan dan kenyamanan.

Pantai ini memiliki fasilitas seperti penginapan dan restoran. Panjang pantainya hanya beberapa puluh meter saja. Pantainya bersih dan rindang. Pantai ini biasanya banyak dikunjungi oleh orang-orang yang hobinya memancing karena memang pantai sangat cocok untuk memancing.

1 comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags