Pages

Share

7 Pulau Nan Eksotis di Sumatera Barat

Tuesday 5 May 2015

1.Pulau Pisang Ketek

Pulau Pisang Ketek termasuk d
alam kecamatan Padang Selatan, Kota Padang. Nama Pisang Ketek mempunyai arti pisang kecil. Pulau Pisang Ketek terletak sekitar  kurang 1 km dari Pantai Aie Manih atau Pantai Air Manis. Karena jaraknya yang dekat, saat surut pengunjung bahkan bisa berjalan kaki dari Pantai Air Manis. Di Pulau Pisang Ketek pohon kelapa sangat mendominasi. Kelandaian permuakaannya antara 0-15 meter dari permukaan laut.



2.Pulau Pisang Gadang

Pulau ini berada didekat Pulau Pisang Ketek dan berjarak sekitar 2,5 km dari Pantai Air Manis . Pulau Pisang Gadang memiliki daya tarik tersendiri yaitu mempunyai hasil hutan seperti kelapa dan cengkeh. Pulau ini mempunyai pasir putih yang halus.

Keindahan bawah laut berada di kedalaman 0.5 meter sampai dengan kedalaman 5 meter, jadi bisa dinikmati hanya dengan snorkeling. Namun kualitas peraiarannya agak keruh karena dekat dengan muara sungai Batang Arau. Jarak pandang juga akan semakin rendah jika musim penghujan. Meskipun begitu keindahan bawah laut pulau inilah yang mampu menjadi daya tarik wisatawan.

3.Pulau Pagang

Pulau Pagang berjarak 12,7 Km dari Kota Padang. Salah satu daya tarik pulau ini adalah karena pulau Pagang ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Pulau dengan luas 10 hektar ini mempunyai pantai pasir putih yang indah. Pengunjung bisa berjemur atau bermain air di laut dangkal yang jernih dan sejuk. Pemandangan laut dan perbukitan hijau yang berjejer diseberang selatan juga tidak kalah indah. Pengujung bisa camping atau menginap di penginapan yang sudah tersedia disana.



4.Pulau Sibunta

Pulau Sibunta berada 12,5 km dari pusat Kota Padang. Pulau ini mempunyai ketinggian 1-2 meter dari permukaan laut. Perairannya sangat jernih dan ombak disebelah barat relative kecil. Banyak sekali terumbu karang jenis Acropora, Pocciliciopra dan lain-lain. Pulau ini tidak berpenghuni dan bagian tengah pulau diliputi oleh vegetasi hutan dengan jenis pohon aru, kelapa, sago. Walaupun tidak berpenguhuni, namun pulau ini digunakan sebagai persinggahan nelayan-nelayan setempat.


5.Pulau Pandan

Pulau seluas 8 ha ini terletak 22,5 km dari Kota Padang. Sebelah utara pulau lebih didominasi oleh vegetasi hutan yang sangat lebat dan ombak dari sebelah barat serta tenggara. Sedangkan sebelah selatan mempunyai pantai yang landai dan struktur pasirnya halus sehingga menjadi lokasi persinggahan penyu. Uniknya selain wisata bahari atau alam disana pengunjung juga bisa wisata sejarah karena di tengah pulau terdapat benteng dan meriam peninggalan Belanda.

6.Pulau Sawo

Pulau Sawo terletak di Kecamatan Koto Tangah dan merupakan pulau paling utara di Kota Padang. Pulau seluas 4,6 Ha ini juga tidak berpenghuni, namun selalu menjadi tempat perlindungan bagi nelayan apabila terjadi badai. Pulau ini mempunyai kontur relatif datar dan pada bagian luar terdapat hamparan pantai pasir putih dan bersih.

Bagian selatan terdiri dari ekosistem terumbu karang, bagian tengah terdiri atas ekosistem hutan sedangkan sebelah barat berombak. Pengunjung juga bisa menumakan lumba-lumba sisekitar pulau Sawo. Selain itu  juga ikan hias jenis serta ikan ekonomis terdiri dari tongkol, kembung, kakap, kerapu, tuna caklang dan tenggiri.

7.Pulau Sikuai

Pulau Sikuai  termasuk ke dalam wilayah kec Bungus Teluk Kabung, kota Padang. Pulau ini terletak sekitar setengah mil laut dari pusat kota. Luasnya sekitar 44.4 Ha dengan pantai pasir putih dan masih memiliki hutan tropis yg alami. Disana sudah tersedia hotel resort berbintang tiga dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti restoran, ruangan untuk rapat, dan kolam renang. Pengunjungjuga dapat menjelajahi hutan alam, wisata bahari hingga panjat tebing.

No comments:

Post a Comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags