Pages

Share

7 Pantai Indah yang Tersembunyi di Surga Bangka Belitung

Monday 4 May 2015

1. Pantai Parai

Pantai Parai Tenggiri terletak di Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Tepatnya berada di Desa Sinar Baru yang berjarak sekitar 30km di sebelah utara kota Pangkalpinang. Pantai ini memiliki kontur tanag yang landai dengan ombak yang relatif kecil. Pantai ini merupakan pantai andalan yang ada di kepulauan Bangka Belitung.



Pantai Parai Tenggiri memiliki hamparan pasir putih yang masih bersih dan batu-batu granit yang alami. Batu-batu tersebut mempunyai ukuran yang cukup besar dan bersifat alami, sehingga makin menambah kesan eksotiknya pantai ini.


Kawasan pantai ini ditetapkan sebagai kawasan wisata hijau atau yang terkenal dengan sebutan Parai green resort. Pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan alamnya, namun juga dapat melakukan rekreasi bahari lainnya yang menarik seperti memancing, menikmati sensasi menantang dengan banana boat, serta menyelam untuk melihat terumbu karang.

2. Pantai Tanjung Pesona



Pantai Tanjung Pesona terletak di Desa Rambak, Kecamatan Sungailiat. Berjarak 9 km dari kota Sungailiat Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Pantai ini berada di tengah tempat antara Pantai Teluk Uber dan Pantai Tikus.

Pantai ini mempunyai panorama laut lepas, di atas tanjung dengan susunan bebatuan besar nan eksotik. Di pantai Tanjung Pesona, pengunjung dapat menikmati keindahan Pantai Tanjung Pesona yang dilatarbelakangi bukit. Pantai Tanjung Pesona telah dilengkapi berbagai fasilitas wisata, dengan klasifikasi hotel berbintang empat.

3. Pantai Tikus


Pantai Tikus terletak di antara pantai rebo dan pantai tanjung pesona Bangka. Pantai tikus yang ada bangka ini terlihat sangat cantik dan punya keunikan sendiri, uniknya terdapat pada bagian sisi pantai yang berpasir dan berbatu terjal. Pantai Tikus merupakan salah satu pantai yang panjang jika dibandingkan dengan pantai - pantai lainnya di Bangka Belitung.


Di pantai tikus terdapat sebuah pagoda vihara yang sangat besar dan megah. Pagoda ini terletakdi atas bukit pantai tikus. Dari pagoda, pengunjung dapat melihat pemandangan pantai tikus indah menawan dan luas. Di Pantai Tikus juga terdapat tebing batu dengan banyaknya kumpulan bongkahan batu yang tersusun dengan rapi, pasir putih yang luas dan pulau batu kecil-kecil di depan pantainya yang membuat pantai tikus lebih indah.

4. Pantai Matras

Pantai Matras terletak di desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, tepatnya di sebelah timur laut Pulau Bangka dan mempunyai jarak sekitar 40 km dari Pangkalpinang atau sekitar 7 km dari kota Sungailiat. Pantai Matras ini sangat indah dan juga landai. Sangat berbeda dengan kebanyakan pantai pada biasanya, Matras mempunyai hamparan pasir putih yang ditambah dengan teksturnya yang begitu halus.


Para wisatawan yang datang berkunjung akan menemukan pemandangan yang indah di sini. Hamparan dari pasir yang menyatu dengan banyaknya bebatuan indah di sekitarnya membuat pantai matras ini tampak bagai mutiara yang membentang di depan mata.

Pemandangan indah di Pantai Matras terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian selatan dan bagian utara. Pada bagian utara adalah pemandangan hamparan pasir pantai yang serasa tidak memiliki ujung karena pantai matras ini merupakan pantai yang panjang di Bangka. Sedangkan pemandangan di selatan, yang terlihat oleh mata justru ujung tanjung yang terdiri dari batu-batuan granit khas dari Pulau Bangka yang eksotis. Ditambah lagi dengan sebuah sungai air tawar yang dapat ditemukan di sekitar pantai.


5. Pantai Teluk Uber

Letak dari pantai ini diapit dua pantai yang sudah sangat terkemuka di sana, yaitu berada diantara Pantai Parai Tenggiri dan juga Pantai Tanjung Pesona.  Bentuk dari pantai yang cekung dan mempunyai karakter air laut yang tidak terlalu berombak, menjadikan Pantai Teluk Uber ini tidak memiliki alasan untuk siapa pun yang ingin menceburkan diri.


Sama halnya seperti pantai-pantai indah lainnya di Pulau Bangka, tentu saja bebatuan granit pun juga cukup banyak ada di pantai ini yang membuat pemandangan di pantai ini begitu mempesona. 

6. Pantai Pasir Padi



Pantai Pasir Padi menjadi pantai favorit untuk penduduk di sekitar kota karena jaraknya yang dekat dengan Pangkalpinang, ibukota provinsi Bangka Belitung. Pantai Pasir Padi mempunyai perairan yang cukup dangkal hingga berjarak 300 meter dari bibir pantai. Sehingga relatif lebih aman untuk anak-anak yang ingin berenang di pantai.


Tidak jauh dari bibir pantai ada gugusan batuan yang ditumpuk membentuk daratan kecil. Sebenarnya gugusan batu ini adalah sisa dari batuan penahan ombak yang dipasang di beberapa bagian bibir pantai. Ada beberapa pohon yang tumbuh di daratan gugusan batuan ini. Anda bisa berjalan dari bibir pantai untuk menikmati pemandangan laut atau sekedar meniti jalan di atas gugusan bebatuan. Jika tengah pasang, gugusan batuan ini bisa dikelilingi oleh air laut.
Keunikan lain dari pantai ini yaitu memiliki garis pantai sepanjang 300 meter dengan ombak yang tenang, warna pasirnya yang putih dan padat.

7. Pantai Tanjung Penyusuk



Pantai Tanjung Penyusuk juga sering disebut sebagai mutiara dari Bangka Utara yang juga dikatakan sebagai ikon pariwisata di kawasan tersebut.Di kawasan Pantai Tanjung Penyusuk ini, pengunjung dapat menemukan sebuah pelabuhan yaitu Pelabuhan Tanjung Gudang, pelabuhan yang penuh dengan sejarah untuk masyarakat Kepualuan Bangka Belitung.

Disepanjang jalan di sebelah kanan menuju Pantai Tanjung Penyusuk pengunjung dapat menyaksikan birunya laut utara dari Pulau Bangka. Pemandangan Pantai Penyusuk dengan 4 pulau yang khas, akan menyambut kedatangan pengunjung dengan ramah. Pantai Tanjung Penyusuk pun juga menyajikan pemandangan perpaduan dari pasir pantai yang halus dan putih berseri, dengan banyak batu-batu granit yang saling bertumpukan antara satu sama lain.

1 comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags