Pages

Share

5 Museum yang Menarik di Jakarta Barat

Saturday 16 May 2015

1. Museum Fatahillah


Museum Fatahillah atau dikenal juga sebagai Museum Sejarah Jakarta adalah salah satu museum yang paling besar di Jakarta. Koleksi yang dimiliki museum Fatahillah yaitu barang arkeologi, mebel antik, keramik, prasasti, benda kebudayaan betawi, meriam, patung, dan lain-lain. Fasilitas yang dimiliki museum Fatahillah yaitu perpustakaan, kantin, toko suvenir, sinema, musholla, ruang pertemuan, dan taman. 


2. Museum Bank Indonesia 


Museum Bank Indonesia adalah museum yang terbaik di Jakarta karena museum ini sangat modern, bersih, dan rapi, tidak seperti kebanyakan museum lain di Jakarta yang kurang terpelihara. Koleksi yang dimiliki Museum Bank Indonesia adalah uang kertas, uang logam, emas batangan, brankas, dan benda lain yang menjadi saksi sejarah Indonesia dan berhubungan dengan keuangan. 

3. Museum Seni Rupa dan Keramik


Museum Seni Rupa dan Keramik adalah rumah bagi banyak karya seni kelas internasional karya seniman Indonesia sejak tahun 1800an. Koleksi seni yang dimiliki Museum Seni Rupa dan Keramik berjumlah lebih dari 400 benda yang berupa patung, lukisan, sketsa, batik lukis, hingga totem kayu yang terbagi menurut periode waktu tertentu. 

4. Museum Wayang


Museum Wayang terletak di Jalan Pintu Besar Utara No. 27, Jakarta Barat. Museum ini memiliki koleksi berbagai jenis wayang dengan jumlah sekitar 6,000 wayang. Jenis wayang yang ada di sini yaitu wayang golek, wayang kulit, wayang klitik, wayang mainan, dan topeng. Selain wayang dalam negeri, museum ini juga mempunyai koleksi wayang dan boneka dari luar negeri di lantai dua.

5. Musuem Tekstil


Musuem Tekstil terletak di Jalan K.S. Tubun Petamburan No. 4, Jakarta Barat. Ciri khas museum ini adalah pintunya yang sangat besar, bangunan dengan arsitektur kolonial, dan keramik lantai yang bermotif unik. Museum ini memiliki ribuan kain yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia. Jenis kain yang ada di sini yaitu kain tenun, kain jumput, kain batik, kain campuran, hingga baju yang terbuat dari kulit kayu.

No comments:

Post a Comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags