Pages

Share

Pulau di Makassar #part 2

Saturday 23 May 2015

1. Pulau Lanjukang

Pulau Lanjukang betjarak sekitar 40 km dari kota Makassar. Bentuk pulau ini memanjang dari barat daya ke timur laut, dengan luas mencapai kurang lebih 6 ha. Di sisi timur pulau terdapat hamparan pantai membentang luas yang dilengkapi dengan pemandangan laut berwarna biru toska dan cukup panjang dengan pasir pantai putih bersih yang indah. Suasana pulau yang tenang dan sunyi, hanya ditemani suara deburan ombak dan sapuan angin laut sepoi-sepoi yang menyegarkan membuat pulau lanjukang menjadi salah satu pulau yang memiliki pantai paling indah di kepulauan Spermonde.



Keunikan lain dari pulau ini ada di bawah lautnya. Terumbu karang, ikan-ikan dan binatang laut lainnya tidak terlalu banyak. Perairan di sisi barat pulau sangat dangkal dengan kedalaman kurang lebih hanya satu meter dengan terumbu karang tidak terlalu variatif didominasi oleh staghorn coral. Namun terkadang dapat menemukan biota laut yang aneh, anemon dengan warna warni ikan badutnya, lion fish, gerombolan ikan-ikan karang yang berenang kesana-kemari dan lain sebagainya.


2. Pulau Langkadea

Pulau Langkadea terletak di wilayah kabupaten Pangkajene (Kepulauan Pangkep). Pulau tak berpenghuni ini menawarkan begitu banyak pesona keindahan. Pulau yang cukup rindang dengan pepohonan ini memanjang dari selatan ke utara, hamparan pantai pasir putih yang luas terdapat di sisi timur dan barat. Tak perlu waktu lama untuk mengelilingi seluruh sisi pantai pulau kecil ini. Dari setiap sudut pantainya, pulau ini sungguh indah memanjakan mata.

Dari pulau Langkadea, moment sunrise dan sutset begitu indah menawan. Air laut yang berwarna biru muda dan sangat jernih pasti akan sangat menggoda untuk berenang sambil menikmati keindahan bawah lautnya. Berbagai jenis terumbu karang dan biota laut adalah keindahan lain dari pulau Langkadea yang tak boleh dilewatkan.


3. Pulau Kayangan

Pulau Kayangan adalah salah satu pulau cantik yang sayang untuk dilewatkan ketika berlibur di Makassar. Meski Makassar memiliki sejumlah pulau yang cantik untuk dikunjungi seperti pulau Samalona dan Pulau Kodingareng, namun pulau Kayangan cukup sempurna disebut sebagai pulau yang wajib dikunjungi. Pulau Kayangan menawarkan sejumlah keindahan diantaranya dipesisir barat pulau kayangan menghadap kelaut lepas, laut biru dan sunset disore hari menjadi suatu panorama yang sangat menakjubkan.

Sementara di sebelah timur, pulau ini berhadapan langsung dengan pelabuhan Makassar, sehingga dapat menyaksikan aktivitas kapal yang hilir mudik mengantarkan penumpangnya, ditambah serta dengan gemerlap lampu pada malam hari akan menjadi pemandangan yang mempesona.

4. Pulau Badi Pangkep

Pulau Badi masih masuk dalam wilayah Kabupaten Pangkajene (Kepulauan Pangkep). Jarak tempuh dari Makassar adalah sekitar 1 jam dari Pelabuhan Paoter. Pulau ini memiliki pasir yang putih dan sangat halus. Di pulau ini juga ada beberapa warga yang mampu membuat perahu.

Untuk ukuran pulau, Pulau Badi di Pangkep memang tergolong kecil. Meski begitu, pulau ini sangat eksotis. Alam bawah lautnya sangat bagus sehingga tak ada salahnya untuk mencoba berenang di sana, disertai keseharian nelayan yang melaut. Jaraknya juga dekat dari Makassar.


5. Pulau Lumu-Lumu

Pulau Lumu-lumu berjarak sekitar 28 km dari kota Makassar, termasuk Kelurahan Barrang Caddi, Kecamatan Ujung Tanah. Posisi pulau ini berada di sebelah timur Pulau Lanjukang. Pulau ini berbentuk bulat, memanjang barat laut-tenggara. Sebaran terumbu karang mengelilingi pulau ini dan sebagian besar berubah menjadi daratan pada kondisi surut minimum.

Pulau dengan jumlah penduduknya yang mencapai 984 jiwa merupakan pulau terpadat penduduknya dengan tingkat kepadatan 262 jiwa setiap ha dan tersebar merata di seluruh pulau. Tidak banyak pohon dijumpai di pulau ini. Pohon yang terdapat di pulau ini yaitu pohon kelapa, pohon kayu cina yang menempati sisi utara, barat dan selatan. Biota yang terdapat di pesisir pulau adalah padang lamun, rumput laut, kepiting, keong laut, cacing pasir, teripang, sedangkan diperairan sekitar pulau.terdapat beberapa jenis ikan, karang lunak, karang keras, dan padang lamun.


6. Pulau Barrang Lompo

Pulau Barrang Lompo termasuk wilayah Kecamatan Ujung Tanah dan berjarak 13 km dari Makassar. Pulaunya berbentuk bulat, dengn luas 19 Ha. Vegetasi yang umum tumbuh di pulau ini adalah pohon asam, pohon pisang dan pohon sukun, sedangkan pohon kelapa hanya dijumpai disisi timur dan barat pulau ini.

Selain makam-makam tua dari abad ke XIX yang terdapat di pulau ini sebagai obyek wisata budaya yang menarik dikunjungi, juga kios tempat pembuatan cindera mata dari kerang laut, berada tepat didepan dermaga utama. Pada beberapa spot di perairan pulau ini, kehidupan karang dan ikan karang umumnya masih baik, walaupun ada sebagian karangnya sudah ikut hancur akibat eksploitasi yang tidak ramah lingkungan.

7. Pulau Bulupoloe

Pulau Bulupoloe ini termasuk ke dalam wilayah administrative Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Kabupaten Luwu Timur berjarak sekitar 500 km dari Kota Makassar. Daya tarik utama dari Pulau Bulupoloe adalah keindahan alam pegunungan serta keasrian baharinya. Bentangan pantai dengan pasir putih yang mengitari pinggiran pulau menjadi nilai tambah tersendiri. Selain itu, beberapa tempat di Pulau ini terdapat sumber air tawar yang semakin menambah keunikan pulau ini.

Pesona Laut yang disajikan Pulau Bulupoloe ini semakin menambah kagum karena kondisi pantainya yang masih sangat alami dan belum terkontaminasi polusi. Tidak hanya itu, air laut di Pulau ini sangat jernih, dihiasi aneka ragam terumbu karang yang mempesona, dan ikan yang berwarna-warni serta biota laut lainnya yang semakin menambah semarak kehidupan bawah laut di Pulau Bulupoloe ini.



Informasi Usaha :

Bagi anda yang sedang bingung mencari usaha yang mudah dan minim modal, KREADS adalah jawaban dari kebingungan anda. Jika bergabung, kita nantinya akan dibayar untuk setiap klik yang kita lakukan. Simple dan mudah untuk jadi pekerjaan sampingan. Untuk bergabung, anda bisa klik banner dibawah ini :

1 comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags