Pages

Share

7 Masjid Unik di Indonesia

Monday 11 May 2015

1. Masjid Prahu, Jakarta

Masjid Prahu yang memiliki nama asli Masjid Agung Al Munada Darussalam Baiturrahman terletak di Jl Casalanca No 38, Menteng Dalam, Jakarta Selatan. Masjid ini memang memiliki perahu di salah satu sisi masjidnya, yang menjadikan masjid ini unik. Bagian dalam perahu bukanlah ruangan utama shalat, melainkan ruang untuk wudhu. Terdapat sekitar 10 kran untuk berwudhu dan enam toilet. Bentuk perahu ini ternyata terinspirasi dari kisah Nabi Nuh. Tujuannya sebagai pembelajaran untuk mengajak umat beribadah.



2. Masjid 1.000 Pintu, Banten

Masjid 1.000 Pintu terletak di Kampung Priuk, Tangerang, Banten. Masjid Agung Nurul Yaqin, nama sebenarnya Masjid 1.000 Pintu, begitu terkenal sampai luar daerah karena masjid ini memang banyak pintu di dalamnya. Untuk masuk ke dalam ruang utama, wisatawan harus melalui banyak pintu yang telah disediakan. Masjid 1.000 pintu memiliki 3 lantai. Lantai 1 dikhususkan untuk ruang zikir. Sedangkan lantai dua dan tiga dikhususkan untuk salat, pengajian dan kegiatan agama lainnya.

3. Masjid Menara Kudus, Jawa Tengah

Masjid Menara Kudus terletak di Desa Kauman, Kudus, Jawa Tengah. Penampilan yang luarnya tak biasa benar-benar membuat mata tak ingin henti berkedip. Masjid ini memiliki gapura utama yang berbentuk candi, inilah yang membuat unik masjid ini. Masjid Menara Kudus merupakan bangunan hasil pencampuran dua budaya, yakni Hindu-Jawa dengan Islam. Masjid Menara Kudus selalu ramai dikunjungi turis. Selain untuk melihat bangunan masjid yang unik, wisatawan juga datang untuk berziarah ke makam Sunan Kudus yang ada di area masjid.

4. Masjid Terapung, Sulawesi Tengah

Masjid Terapung atau Masjid Arkam Babu Rahman terletak di Pantai Talise, Palu, Sulawesi Tengah. Pada malam hari, kubah masjid ini memancarkan cahaya 7 warna. Yang juga menarik, masjid ini juga berada di atas laut sehingga disebut juga dengan nama Masjid Terapung. Asal usul pembuatan masjid ini juga tak kalah menarik. Pantai tempat masjid ini dibangun dulunya adalah tempat muda-mudi pacaran. Setelah kehadiran masjid ini, kini sudah tak ada lagi pasangan yang memadu kasih. Maka Masjid Terapung juga disebut sebagai masjid yang mengusir maksiat.

5. Masjid Tiban, Malang

Masjid Tiban yang terletak di Malang, Jawa Timur ini memiliki cerita mistis, bahwa masjid ini dibuat hanya dalam satu malam atas bantuan jin. Namun cerita tetaplah sebuah cerita. Masjid ini dibangun oleh santri dan jamaah. Masjid ini tak selesai dibangun dalam satu hari, hingga saat ini pembangunan belum juga usai. Masjid Tiban menjanjikan tempat ibadah yang berbeda. Masjid ini memiliki 9 lantai yang dilengkapi dengan toko suvenir, makanan ringan dan area satwa. Belum lagi gaya arsitektur masjid ala Timur Tengah namun berbeda, membuat Masjid Tiban makin unik.

6. Masjid Cheng Ho, Surabaya

Masjid Cheng Ho atau Masjid Muhammad Cheng Ho ialah bangunan masjid yang menyerupai kelenteng. Masjid ini terletak di Jalan Gading No 2, Surabaya. Masjid ini didominasi warna merah, hijau, dan kuning,  dan ornamennya sangat kental dengan ornamen Tionghoa. Diberi nama Masjid Cheng Ho sebagai bentuk penghormatan kepada laksamana asal negeri tirai bambu. Pintu masuknya menyerupai bentuk pagoda. Ada juga relief naga dan patung singa yang terbuat dari lilin, lengkap dengan tulisan Allah di puncak pagoda. Arsitekturnya yang memadukan dua budaya, Tionghoa dan Arab, menjadi ciri khas masjid ini.

7. Masjid An Nurumi, Jogja

Masjid An Nurumi terletak di Jalan Solo, Jogja. Bangunannya yang mirip masjid tetpai berkubah warna-warni mirip permen. Warnanya yang cerah dan ceria, membuat kubah masjid ini mirip seperti permen lolipop. Tak heran bila wisatawan yang datang menyebutnya sebagai Masjid Permen. Bentuk dan warna kubahnya yang unik ini, membuat bangunan masjid ini dikira sebagai tempat bermain. Tanpa melupakan kebudayaan asal, mimbar di bagian dalam masjid ini memiliki mimbar bergaya Jawa.

No comments:

Post a Comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags