Pages

Share

7 Pantai dengan Pesona Cantik di Banten

Friday 1 May 2015

1. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna terletak di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Pantai Sawarna terdiri dari beberapa pantai yang bisa dikunjungi seperti Pantai Ciantir Sawarna, Pantai Pulau Manuk dan Pantai Tanjung Layar yang terkenal dengan ikon batu karangnya yang berbentuk seperti kerucut.

Pantai Sawarna adalah sebuah pantai yang menghadap ke Samudera Hindia, sehingga mempunyai ombak khas pantai selatan yaitu berombak besar dan berarus kuat, menjadikannya sangat cocok untuk wisata selancar. Pantai Sawarna mempunyai panjang 65 KM, dengan air laut yang jernih, pasir yang putih, berbukit hijau, dan dihiasi karang. Pantai Sawarna merupakan pantai yang sangat indah. Pesona pantainya yang memikat hati begitu menakjubkan.




2. Pantai Carita

Pantai Cartita terletak di di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten sekitar 50 km dari Kota Pandeglang. Pantai Carita menawarkan panorama laut yang indah dengan hamparan pasir putih, beragam permainan air dan olahraga, tempat rekreasi keluarga, sekaligus tempat wisata laut dengan sejumlah fasilitas yang sangat baik.

Pantai Carita Banten memiliki sejumlah kegiatan wisata yang menarik. Mulai dari bermain jetsky, banana boat, diving, snorkeling, atau sekedar bersantai sambil menikmati megahnya Gunung Krakatau. Sunset maupun sunrise di pantai ini sangat indah. Terlebih jika bulan purnama, suasana malam di area pantai Carita Banten sungguh eksotis.


3. Pantai Pulorida

Pantai Pulorida terletak di Merak, kecamatan Cilegon, Banten. Pantainya yang landai, dangkal, serta ombaknya yang tenang menjadikan pantai ini asyik sekali untuk berlibur bersama keluarga apalagi yang membawa anak-anak. Di pantai pulorida termasuk memiliki fasilitas yang lengkap untuk bersantai. Untuk para orang tua yang tidak ingin berenang bisa menyewa tikar dengan harga yang murah. Dan memberikan para anak-anak ban bekas yang disewakan untuk bermain air di laut. Sekedar untuk berenang atau mengapung-ngapung di laut.

Dulunya di pantai ini ada sebuah jembatan yang sekarang sudah roboh. Sayangnya jembatan itu masih belum diperbaiki. Padahal jembatan ini akan memberi kesan tersendiri untuk pantai Pulorida. Suasana di  pantai ini begitu indah apalagi ketika sunset tiba, terlihat sangat mempesona.


4. Pantai Karang Songsong

Pantai Karang Songsong terletak di kawasan Lebak, Banten. Pantai Karang Songsong menawarkan pesona hempasan ombak yang berbenturan dengan karang. Salah satu pesona di pantai ini menawarkan bebatuan karang yang memanjang dan besar hingga ke arah laut. Berada di bagian paling depan membuat karang-karang dipantai ini menjadi objek yang pertama dihempaskan ombak. Percikan air laut inilah yang menjadi daya tarik utama di Pantai Karang Songsong.

Pantai ini juga memiliki garis pantai yang melengkung. Walaupun hanya memiliki sedikit garis pantai, namun pasirnya terlihat putih kecoklatan. Sangat pas untuk melakukan aktivitas duduk-duduk sambil bersantai menikmati pemandangan ombak yang terbentur karang.


5. Pantai Pulo Manuk

Pantai Pulo Manuk terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. Pantai Pulo Manuk, pantai yang menawarkan segala keindahan. Sesuai dengan namanya, nama Pantai Pulo Manuk yang memiliki luas kurang lebih 5 hektar ini terdapat sebuah pulau yang diberi nama Pulau Manuk. Sebutan pulau itu karena karangnya yang menyerupai manuk (burung).

Saat mata memandang, nampak hamparan pasir putih yang berkilau keemasan karena mampu memantulkan cahaya sinar matahari. Sesekali aingin berhembus kencang membawa ombak ke bibir pantai. Pemandangan yang eksotik dan memanjakan mata ini sungguh mampu mengusir rasa penat. Hernawan, pengelola Pantai Pulo Manuk menjelaskan, Pulau Manuk sering dijadikan tempat persinggahan burung-burung dari berbagai daerah.


6. Pantai Ciputih

Pantai Ciputih terletak di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Kondisinya yang masih alami dan belum banyak terjamah oleh tangan manusia, menjadikan pantai ini selalu terjaga kelestariannya. Pantai ini memiliki pasir pantai yang putih dan indah. Hamparan pasir pantai yang mempesona dipadu dengan lautan biru nan jernih menjadikan setiap wisatawan yang datang ke pantai ini selalu ingin kembali lagi.

Dari pantai Ciputih, wisatawan bisa menyebrang ke Ujung Kulon. Maka tak ada salahnya untuk bertandang sejenak di pantai ini, menikmati keindahan pantai ciputih dengan pasir putihnya sebelum pergi ke Ujung Kulon.


7. Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung terletak di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten. Panorama Tanjung Lesung walaupun banyak pengujung tetapi masih sangat alami dan terawat. Dengan pasirnya yang putih dan batuan karang yang terjaga dengan baik dan tidak ada tanda kerusakan meskipun banyak pengunjung di tempat wisata Tanjung Lesung. Yang menarik di tempat wisata Tanjung Lesung adalah kawasan yang terletak di daerah bagian utara yang menghadirkan tebing yang tidak begitu curam dan membentuk laguna dengan air tenang dan kedalaman sampai 5 meter ke dalam laut.

Di Pantai Tanjung Lesung wisatawan akan mendapat fasilitas liburan yang menyenangkan seperti bersnorkling, banana boat, memancing, jetski dan bermain pasir putih yang sangat nyaman. Jika ingin berjemur maka tepian pantai dengan pasir putih sangat cocok untuk mencoklatkan kulit di pinggir pantai. Kemudian pada sore hari wisatawan akan dimanjakan dengan panorama sunset yang perlahan mengganti keindahan tempat wisata Tanjuang Lesung dengan suasana malam hari.

2 comments

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags