Pages

Share

7 Tempat Wisata yang Sangat Menarik di Jakarta Pusat

Saturday 16 May 2015

1. Monumen Nasional


 Monumen Nasional terletak di Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monas adalah ikon dari kota Jakarta, sebuah tugu dengan tinggi 132 meter dengan sebuah lidah api yang dibuat dengan emas di ujung atas. Banyak aktifitas yang dapat anda lakukan, seperti menikmati pemandangan dari puncak monas, mengunjungi museum yang berisi diorama, melihat relief sejarah Indonesia, mendengar rekaman proklamasi, hingga berpiknik dan bersepeda. 


2. Museum Nasional


Museum Nasional atau Museum Gajah terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Ciri khas dari museum ini adalah adanya sebuah patung gajah yang terbuat dari perunggu. Museum Gajah adalah tempat wisata yang rekreatif, edukatif dan kultural. Koleksi yang dimiliki museum ini berupa peninggalan sejarah seperti prasasti, keramik, barang-barang perunggu, tekstil, patung, alat musik tradisional, perhiasan kuno, wayang kulit, hingga tengkorak manusia purba.

3. Museum Sumpah Pemuda


Museum Sumpah Pemuda terletak di Jalan Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat. Museum Sumpah Pemuda memiliki koleksi benda dan foto yang berhubungan erat dengan salah satu peristiwa sejarah yang paling penting, yaitu Sumpah Pemuda tahun 1928. Total jumlah koleksi barang bersejarah yang dimiliki Museum Sumpah Pemuda hampir 3.000. Museum ini sangat cocok untuk wisata sejarah.

4. Taman Ismail Marzuki 


Taman Ismail Marzuki terletak di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat. Taman Ismail Marzuki merupakan wadah seni dan budaya karena memiliki balai pameran, gedung arsip, galeri, bioskop, dan 6 teater modern. Di tempat ini juga terdapat Planetarium yang merupakan tempat wisata pendidikan benda-benda langit. Taman Ismail Marzuki secara rutin menggelar berbagai macam acara pentas seni, antara lain pertunjukan wayang, puisi, drama, tari, musik, lukisan, dan film.

5. Tugu Proklamasi


Tugu Proklamasi terletak di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, tempat dibacakannya naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Tugu Proklamasi adalah tempat wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Tugu Proklamasi sering disebut juga sebagai tugu petir, merupakan simbol peringatan proklamasi kemerdekaan. Saat ini, Tugu Proklamasi digunakan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia dan menjadi tempat berkumpulnya para demonstran.

6. Museum Taman Prasasti


Museum Taman Prasasti terletak di Jalan Tanah Abang No. 1, Jakarta Pusat. Museum Taman Prasasti adalah sebuah peninggalan Belanda yang dulunya merupakan sebuah kuburan. Usia makam yang sangat tua membuat tempat ini terkesan angker dan menakutkan. Koleksi yang dimiliki museum ini adalah prasasti, nisan, kereta jenazah, dan miniatur makam. Benda-benda di sini bukan sembarang peninggalan kuno, namun juga merupakan karya seni dari masa lampau.

7. Gereja Katedral


Gereja Katedral terletak di Jalan Katedral no 7B, Jakarta Pusat. Gereja ini terkenal karena desainnya yang bergaya eropa pada masa lalu. Selain terbuka untuk umatnya, Gereja Katedral juga terbuka bagi siapa saja yang ingin mengunjungi. Banyak wisatawan sekolah yang datang berkunjung ke gereja yang memiliki suasana tenang dan damai ini. Gereja Katedral terawat dengan baik, membuatnya menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta Pusat dengan bangunan yang paling indah. 

No comments:

Post a Comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags