Pages

Share

Pulau di Makassar #part 1

Saturday 23 May 2015

1. Pulau Samalona

Pulau ini merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar 7km dari kota Makassar. Pulau Samalona memiliki pantai dengan hamparan pasir berwarna putih. Air lautnya masih berwarna biru jernih. Di pulau ini terdapat banyak pohon kelapa yang semakin menambah kecantikannya. Pulau Samalona juga terkenal dengan keindahan dunia bawah lautnya. Terumbu karangnya masih cantik dengan ikan lautnya yang berwarna-warni.



Selain itu, pulau ini juga menyimpan misteri tentang karamnya sejumlah kapal peninggalan Perang Dunia Ke-2. Setidaknya ada tujuh buah kapal yang tenggelam di kawasan pulau ini. Diantaranya adalah Kapal Maru (sebuah kapal perang milik Jepang yang tenggelam di kedalaman sekitar 30 meter), Kapal Lancaster Bomber, Kapal Kargo Hakko Maru buatan Belanda dan beberapa kapal lainnya. Saat ini kapal-kapal tersebut telah berubah menjadi karang dan menjadi rumah bagi ratusan biota laut. Para wisatawan biasanya datang ke pulau ini untuk berenang diantara bangkai kapal-kapal tersebut.


2. Pulau Tinabo

Pulau Tinabo merupakan salah satu bagian dari wisata Taman Nasional Taka Bonerate. Pulau ini terletak di Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan. Dari Makassar jaraknya sekitar 300 kilometer. Pulau Tinabo merupakan pulau kecil, panjang pulaunya sekitar satu setengah kilometer dengan lebar sekitar 500 meter.

Posisi Pulau Tinabo sendiri sangat stategis, karena dari pulau ini kita bisa melihat pemandangan sunset dan sunrise yang sama-sama indah. Pulau Tinabo mempunyai hamparan pasir pantai berwarna putih yang halus. Air lautnya berwarna biru jernih. Pemandangan bawah lautnya pun sangat menakjubkan. Di Pulau ini banyak terdapat spot diving maupun snorkling bersama baby shark, penyu bahkan bersama kima (kerang laut raksasa) yang besarnya bisa mencapai hingga satu meter. Ada lagi satu spot yang bernama sumur ikan. Spot tersebut merupakan lubang bawah laut yang belum diketahui berapa dalamnya. Dari lubang tersebut keluar masuk ikan-ikan cantik.


3. Pulau Cangke

Pulau Cangke terletak di Kabupaten Pangkajene Kepulauan atau dikenal pula dengan nama Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan. Pulau satu ini walaupun kecil, namun memiliki panorama cantik. Luas Pulau Cangke memang kecil. Hanya sekitar 10 kilometer persegi saja. Pulau ini merupakan salah satu tempat bagi para penyu untuk bertelur. Keindahannya memang luar biasa cantik. Daratannya sangat teduh, karena ditumbuhi dengan banyak pepohonan nan hijau. Air lautnya pun masih bening. Saat air laut sedang surut, bahkan Anda sudah bisa melihat berbagai terumbu karang dan ikan yang cantik dari atas. Sangat cocok untuk melakukan kegiatan diving, snorkeling atau memancing.

Istimewanya, pulau ini hanya dihuni oleh empat orang yang sudah cukup berumur yakni Daeng Abu dan istrinya, Maedah serta sepasang suami istri lain yang masih keluarga dekat Daeng Abu. Daeng Abu dan istrinya sudah tinggal di pulau ini selama 40 tahun. Pulau Cangke pun awalnya hanyalah sebuah pulau yang tandus dan tidak berpenghuni. Daeng Abu dan istrinyalah yang kemudian berinisiatif untuk menanami pulau ini dengan cemara laut dan beberapa pohon lainnya. Kini, Pulau Cangke sudah terlihat seperti hutan di tengah laut. Benar-benar indah.


4. Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingareng Keke merupakan salah satu dari beberapa pulau tak berpenghuni yang ada di wilayah Sulawesi Selatan. Pulau ini jaraknya sekitar 14 km dari Pantai Losari Makassar atau sekitar 20 hingga 30 menit dari Pulau Samalona.

Pulau ini merupakan pulau kecil yang memanjang dari timur laut hingga barat daya. Meski begitu pemandangan di pulau ini tak kalah cantik dengan pemandangan yang ada di Pulau Samalona. Hamparan pasir pantai yang ada di pulau ini berwarna putih halus. Air lautnya berwarna biru dan jernih. Terumbu karangnya pun juga masih alami. Sangat cocok untuk melakukan kegiatan diving maupun snorkeling.


5. Pulau Lae-Lae

Pulau Lae-Lae merupakan sebuah pulau kecil peninggalan Jepang yang hanya dihuni oleh sekitar 2000 jiwa. Di Pulau Lae-Lae ini sebenarnya terdapat situs sejarah peninggalan perang berupa terowongan bawah tanah, namun sayang sekali jalan masuknya telah tertimbun. Di Pulau Lae-Lae dapat menyewa balai bambu untuk bersantai sembari menatap pemandangan indah Pulau Lae-Lae. Dapat juga berenang ataupun ber-snorkeling dengan aman karena di pulau ini jarang ditemui bulu babi. Di sekitar pulau juga sudah banyak warung yang menjual berbagai penganan seperti ikan bakar dan berbagai makanan ringan khas Makassar.


6. Pulau Kapoposang

Pulau Kapoposang adalah satu dari ratusan pulau kecil di jajaran spermonde Selat Makassar. Pulau ini terletak di Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Jarak dari Kota Makassar sekitar 68 kilometer (42 mil). Pulau Kapoposang merupakan obyek wisata bahari yang cukup terkenal. Selain menikmati keindahan alam, wisatawan juga dapat menyelam, snorkeling, dan memancing. Lokasi memancing di sekitar Pulau Kapoposang adalah salah satu yang terbaik di Indonesia.

Menyelam dan snorkeling sangat menyenangkan karena terumbu karang di sekitar pulau ini cukup sehat dan indah. Berbagai jenis ikan berwarna-warni seperti menari ceria menyambut wisatawan. Ada beberapa titik andalan bagi para penyelam yang ingin menikmati pesona bawah air Pulau Kapoposang antara lain Titik Penyelaman Gua (Cave Point), Titik Hiu (Shark Point), dan Titik Penyelaman Penyu (Turtle Point). Dan beberapa tempat menyelam yang masing masing menawarkan keunikan. Shark Point dan Tanjung Point merupakan tempat favorit karena banyak ikan di sana. Ada juga Aquarium point yang menyerupai akuarium dengan wrasse (ikan laut kecil) bermain di antara koral lunak dan karang.


7. Pulau Dutungeng

Pulau Dutungeng merupakan pulau dengan luas sekitar 9 Ha ini memiliki hamparan pasir putih yang indah di sisi luarnya. Dikelilingi pemandangan laut yang biru anda dijamin akan merasa betah untuk tinggal berlama-lama di tempat ini. Berlokasi di Desa Cilelang sekitar 48 Km dari Kota Barru. Pulau Dutungeng memiliki gugusan terumbu karang yang sangat indah dengan menyimpan beranekaragam biota laut yang menarik.




Informasi Usaha :

Bagi anda yang sedang bingung mencari usaha yang mudah dan minim modal, KREADS adalah jawaban dari kebingungan anda. Jika bergabung, kita nantinya akan dibayar untuk setiap klik yang kita lakukan. Simple dan mudah untuk jadi pekerjaan sampingan. Untuk bergabung, anda bisa klik banner dibawah ini :

1 comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags