Pages

Share

5 Pantai di Lumajang yang Mempunyai Pesona Menakjubkan

Monday 27 April 2015

1. Pantai Wotgalih

Sumber : ikapunyaberita.wordpress.com
Pantai Wotgalih terletak di Desa Yosowilangun dan merupakan obyek wisata pantai andalan kabupaten Lumajang. Pada bibir pantai Wotgalih, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah karena pasirnya yang halus, bersih, dan hitam. Pasir hitam di pantai Wotgalih dikenal dengan pasir besi yang mengandung mineral tambang bermutu tinggi.

Ombak di pantai Wotgalih pun sangat menakjubkan, karena ombaknya berlapis-lapis dari gulungan ombak seakan saling berkejaran sehingga sangat cocok untuk berselancar. Warna air lautnya sangat eksotik dengan bibir pantai yang mendatar. Wisatawan pun bisa memancing di sungai payau dekat jembatan bambu.

2. Pantai Bambang
Sumber : panoramio.com
Pantai Bambang terletak di desa Bago, Kecamatan Pasirian, sekitar 24km dari kota Lumajang. Pantai Bambang merupakan obyek wisata pantai dengan ombak besar berlapis yang tingginya bisa mencapai 3 meter. Inilah ciri khas pemandangan pantai selatan.

Pantai bambang merupakan tipe pantai yang berpasir. Pasir ini berfungsi untuk menampung air hujan. Pasir yang ada di sini merupakan pasir dari gunung bromo yang mengalir mengikuti aliran lava atau sungai, dengan ciri-ciri pasirnya hitam dan berkadar besi tinggi.

3. Pantai Watu Pecak
Sumber : matajatim.com
Pantai Watu Pecak terletak di desa Selok Awar-awar, kecamatan Pasirian, 18km arah selatan dari kota Lumajang.Pantai ini berdekatan dengan lokasi pantai Bambang, yang terletak di sisi timur pantai. Seperti layaknya obyek wisata pantai selatan, pantai ini memiliki ombak yang besar dan berbahaya sehingga tidak disarankan untuk mandi di pantai ini.

4. Pantai Dampar
Sumber : mampirlumajang.blogspot.com
Pantai Dampar terletak di dusun Dampar, desa Bades, kecamatan Pasirian, Lumajang. Sebelum sampai di Pantai Dampar, wisatawan akan menjumpai danau Dampar yang terletak berdampingan. Antara danau dan pantai Dampar hanya di batasi oleh hamparan pasir pantai Dampar. Setelah menyeberangi danau menggunakan sampan, wisatawan akan sampai ke pantai Dampar, dan langsung di sambut oleh pasir berwarna hitam dan bersih.

Dari pantai ini, kita bisa melihat pulau Barong secara samar berikut tebing-tebing yang menjulang tinggi dan terjal. Lokasi pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat peristirahatan karena tenang dan jauh dari keramaian. Pengunjung yang datang bisa memanfaatkan waktu dengan berjemur, selancar air, menyelam ataupun berenang. Bisa juga dilanjutkan dengan berenang di danau untuk sekaligus membersihkan sisa-sisa air laut yang asin dan pekat di tubuh.

5. Pantai Tlepuk
Sumber : wisatalumajang.com
Pantai Tlepuk adalah pantai dengan panorama yang indah dan deburan ombak yang menakjubkan. Ditambah algi, pantai ini memiliki rawa yang sangat ideal sebagai tempat pemancingan. Tempat ini mudah dijangkau terletak di kecamatan pasirian sekitar 31 km arah selatan kota Lumajang.

Pengunjung yang datang ke pantai ini bisa memanfaatkan waktu dengan berenang, berjemur, memancing, voli pantai atau hanya sekedar jalan-jalan menikmati gelitik pasir putih dan udara khas pantai yang semilir dan romatis.

3 comments

  1. waaah makasih infonya.. catet dulu buat referensi besok ke lumajang :)

    ReplyDelete
  2. Yang foto Pantai Wotgalih itu... foto saya. Kok nggak dikasih sumber fotonya dari mana?
    https://ikapunyaberita.wordpress.com/2010/09/21/menikmati-liburan-usai-lebaran-di-pantai-wotgalih-lumajang/

    ReplyDelete

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags