Pages

Share

5 Danau Cantik di Indonesia

Thursday 23 April 2015

Salah satu dampak dari fenomena alam berupa letuasan gunung dan gempa bumi adalah terbentuknya cekungan daratan yang akhirnya terisi air. Kita lebih mengenalnya dengan istilah danau. Nah, di Indonesia beberapa danau memiliki nilai lebih. yaitu keindahannya yang dapat memukau anda. Berikut ini adalah danau-danau indah tersebut :

1. Danau Labuan Cermin

Dari namanya, danau ini mendapat julukan sebagai 'cermin raksasa'. Danau Labuan Cermin terletak di Desa Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Selain itu, Anda akan berjumpa dengan monyet, babi hutan, burung, owa-owa dan beruang madu sepanjang perjalanannya.

Danau Labuan Cermin memiliki hamparan air yang berwarna biru dan jernih. Dari permukaaan danau, terpantul setiap bayangan yang berada di atasnya. Danau yang luas dan sejuk serta pemandangan khas hutan Kalimantan, akan mebuat Anda takjub.



Di danau ini Anda dapat snorkeling dan diving. Ikan-ikan yang cantik, batu-batuan alami dan tumbuhan liar akan Anda jumpai. Anda juga dapat menyaksikan gelembung-gelembung air dan beberapa titik hangat saat menyelam. Itu adalah titik batas antara air laut dan air tawar.

2. Danau Sentani

Danau Sentani adalah danau yang terletak di Papua Indonesia. Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Danau ini terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Danau Sentani yang memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Danau Sentani merupakan danau terbesar di Papua. Di danau ini juga terdapat 21 buah pulau kecil menghiasi danau yang indah ini.

Arti kata Sentani berarti "di sini kami tinggal dengan damai”. Nama Sentani sendiri pertama kali disebut oleh seorang Pendeta Kristen BL Bin ketika melaksanakan misionaris di wilayah danau ini pada tahun 1898.

3. Danau Kalimutu

Danau yang terkenal dengan sebutan danau tiga warna ini akan membuat Anda takjub. Tiga warna yang dimiliki danau tersebut adalah merah, putih dan biru. Danau ini pun bisa berubah warna, karena akibat adanya pembiasan cahaya matahari dan mikro biota laut.

Danau Kelimutu terdiri dari tiga buah danau yang berada di puncak Gunung Kelimutu. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, danau ini adalah tempat bersemayamnya arwah para leluhur. Akan tetapi, keindahan Danau Kelimutu sudah terkenal hingga mancanegara.

Pemandangan sunrise di Danau Kelimutu juga tidak kalah cantik. Cahaya merah dengan pemandangan tiga warna danau yang berbeda, menjadikan objek foto yang sempurna.

4. Danau Segara Anak

Segara Anak merupakan sebuah danau yang terletak di kaldera gunung Rinjani Desa Sembalun Lawang Lombok, Nusa Tenggara Barat. Segara (laut) anak berarti anak laut yang di yakini sebagai bagian dari laut yang terpecah ke dalam sebuah pulau. Hal ini di dasari atas warna air yang biru seperti laut. Danau ini terletak pada ketinggian kurang lebih 2000 mdpl. Jika anda mendaki gunung Rinjani (3726 Mdpl), umumnya Tour Guide akan membawa anda melintasi danau ini dan bermalam di sana.

Banyak hal menarik yang dapat dilakukan di danau ini. Di danau ini terdapat banyak ikan mulai dari ikan nila, mas, dan mujair. Ikan-ikan ini sengaja dikembangbiakkan oleh pemerintah dan masyarakat setempat untuk menambah daya tarik tersendiri dari danau segara anak. Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan pancing bagi anda yang berminat mendaki gunung Rinjani.

5. Danau Ranu Kumbolo

Siapa yang tidak kenal dengan Ranu Kumbolo? Letaknya yang berada di lereng Gunung Semeru ini menjadikannya oase saat Anda menuju puncak tertinggi para dewa. Berada di ketinggian 2.400 mdpl, suasana dingin pun akan Anda rasakan.

Ranu Kumbolo menjadi tempat berkemah favorit di Gunung Semeru. Danau ini seperti lukisan alam, dengan awan-awan yang berbentuk seperti kapas di atasnya dan hamparan pepohonan di sekelilingnya akan melepas segala kepenatan Anda.

Panorama saat matahari terbit di Ranu Kumbolo tidak terbantahkan. Anda dapat melihat warna cahaya mentari yang keemasan terpantul oleh permukaan danau.

No comments:

Post a Comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags