Pages

Share

5 Pantai Mempesona di Malang

Thursday 23 April 2015

Malang adalah kota yang terkenal dengan potensi wisata yang memukau, dan beragam wisata ada di sini. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Mulai dari taman rekreasi, taman bunga, museum, air terjun, gunung, dan pantai. Dan berikut 5 pantai yang mempesona di garis pantai selatan Malang.

1. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang berada di Desa Srigoco, Kecamatan Bantur, sekitar 65 kilometer arah selatan Kota Malang, Jawa Timur. Pantai ini landai dan dipenuhi dengan karang laut yang membentang sepanjang 2 km dengan lebar 200 meter ke arah laut. Sewaktu air laut surut tampak ikan hias serta aneka ragam biota laut lainnya berkerumun di atas air. Pantai yang dijuluki Tanah Lot-nya Jawa ini cukup menawan dan layak dikunjungi, khususnya di akhir pekan. Suasananya sangat asri, pantainya juga bersih dan terawat. Pasir putih sepanjang dua kilometer berpadu dengan ombak yang menggulung sungguh memanjakan mata pengunjung.



Walaupun letak pantai ini cukup terpencil, namun Pantai Balekambang memiliki semua fasilitas yang diperlukan wisatawan, mulai dari warung makan tradisional, restoran, penjaga pantai, toko suvenir, toilet umum, tempat parkir yang luas, camping, kantor informasi, bungalow sederhana, mushola dan pendopo, hingga penginapan. Bahkan kini ada wahana flying fox.

2. Pantai Lenggoksono

Pantai Lenggoksono terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Nama Lenggoksono diambil dari jalan menuju pantai yang berkelok-kelok atau berlenggak-lenggok. Selain itu, banyaknya pohon sono yang tumbuh di sekeliling jalan Desa Purwodadi membuat warga memberi nama pantai tersebut Pantai Lenggoksono. Jadi, Lenggoksono berarti jalan belokan menuju pantai yang penuh dengan pohon sono.

Uniknya, Pantai Lenggoksono menjadi satu wilayah ekowisata dengan Pantai Wediawu. Tidak hanya pantai, ekowisata Lenggoksono terdiri dari deretan pulau dan teluk seperti Pulau Pat, Gadung, Teluk Bolu-Bolu, Banyu Anjlok, Ndampar, dan Ngasem. Jarak tempuh antara pantai ke pulau atau teluk pun tidak lama, hanya berkisar satu jam saja. Selain keindahan pantainya, danau dan teluk juga menjadi primadona pantai selatan ini.

3. Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru berada di Desa Sumber Agung, Kecamatan Sumbermanjing, tepatnya 30 km bagian selatan Malang. Pantai indah ini berada di Samudera Hindia yang terhalangi oleh sebuah pulau tak berpenghuni. Meski berada di pesisir laut selatan, ombak pantai Sendang Biru tidak besar sebab terhalang pulau konservasi Sempu. Wisatawan yang ingin menyeberang ke Pulau Sempu pasti akan melewati pantai Sendang Biru terlebih dahulu. Pasalnya, pantai ini terbentuk sebagai selat sempit yang memisahkan bibir pantai dan Pulau Sempu.

Saat berada di tengah laut cobalah untuk menengok ke bawah. Anda akan melihat pemandangan biota laut yang terlihat jelas. Ikan-ikan kecil berenang di sela-sela karang membuat liburan Anda tidak akan pernah terlupakan.

4. Pantai Ngliyep

Lokasi Pantai Ngliyep tepatnya berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, sekitar 62 km arah selatan dari kota Malang. Di pantai ini, wisatawan akan menemui banyak batu karang. Paduan antara pasir putih, tebing yang curam serta kawasan hutan lindung akan membentuk lanskap alam yang indah dan menakjubkan. Hamparan pasir luas yang ada di Pantai Ngliyep itu bernama Teluk Putri dan Pasir Panjang.

Keindahan lain yang ditawarkan adalah keberadaan sebuah pulau kecil yang tak jauh dari bibir pantai. Pulau itu disebut dengan nama Gunung Kombang. Untuk mencapai Gunung Kombang, Anda harus melewati jembatan kayu. Dari pulau kecil itu, pengunjung bisa menikmati sunset dan juga sunrise.

5. Pantai Sipelot

Pantai Sipelot terletak di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Dampit Selatan, Malang. Berada di sekeliling perbukitan kapur yang penuh dengan tumbuhan hijau, pantai ini menyuguhkan kesejukan dan kesegaran alami pada para pengunjung. Ditambah lagi, bentuknya yang menyerupai teluk dengan hamparan pasir pantai berwarna kecoklatan, semakin memperjelas keindahan lautan biru yang luas dan jernih alami.

Selain panoramanya yang indah, daya tarik lainnya yang ada di pantai ini adalah air terjun bernama Coban Sipelot. Coban ini tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 10 meter saja tetapi aliran airnya cukup deras. Air terjun Sipelot bisa dilihat dengan jelas dari bibir pantai. Namun untuk mencapainya, Anda harus menyeberangi teluk terlebih dahulu. Suasana khas coban di kawasan pantai tentunya memberikan nuansa sejuk tersendiri. Banyak wisatawan yang meluangkan waktu untuk singgah dan menikmati kesejukan air terjun Sipelot ini.


Tag :  #balekambang #lenggoksono #sendangbiru #ngliyep #sipelot

No comments:

Post a Comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags