Pages

Share

7 Air Terjun yang Wajib Anda Kunjungi di Malang

Thursday 23 April 2015

Malang adalah kota yang terkenal dengan kota wisata. Tak ada habisnya jika berbicara tentang wisata di kota ini. Berbagai macam wisata sepertinya lengkap ada di sini mulai dari taman rekreasi, taman bunga, museum, pantai, maupun air terjun. Kali ini yang akan dibahas yaitu 5 air terjun yang wajib Anda kunjungi di Malang, berikut penjelasan singkatnya.

1. Air Terjun Coban Rondo

Wanawisata Coban Rondo berada di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Letaknya berada di tengah hutan pinus yang dikelola oleh Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Pujon, Perum Perhutani Malang dan Resort Polisi Hutan Pujon Selatan Petak 89G. Coban Rondo terletak di ketinggian 1.135 meter di lereng utara Gunung Kawi. Airnya berasal dari air sumber di Cemoro Dudo, lereng Gunung Kawi.



Fasilitas yang ditampilkan di coban ini tidak hanya air terjun setinggi 84 meter saja, namun dilengkapi juga dengan River Tubing, War Game, Camp Ground, Tasung, Volley Jump, Family Gathering, Labirint, Jungle Trekking, dan Outbound. Fasilitas permainan War Game dengan memakai Pin Ball dan Fun Tubing.

Selain aneka permainan, Coban Rondo juga mempunyai Mini Zoo dengan menghadirkan beberapa satwa yang dilindungi, seperti aneka jenis rusa, landak, dan monyet. Di taman satwa ini juga disediakan kuda tunggangan yang bisa disewa para pengunjung untuk berkeliling taman. Tidak jauh dari taman itu ada penginapan Griya Wana Coban Rondo untuk wisatawan.

Baca Juga : Pulau Merah, Pantai di Ujung Selatan Banyuwangi yang Berhasil Memikat Setiap hati yang Melihatnya

2. Air Terjun Coban Talun

Obyek wisata Coban Talun berada di kawasan wisata bumi perkemahan Malang, di lereng barat Gunung Arjuna – Welirang. Tepatnya terletak di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang. Coban ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter dengan diameter +/-15 meter dan pemandangan yang elok di sekitar lokasinya. Selain bisa menikmati gemuruh deburan air terjun, Anda juga bisa menyaksikan banyak pelangi di setiap sudut coban.


Panorama alam Coban Talun sangat indah. Air terjun ini terletak di antara bebatuan. Batu besar dan batuan berwarna putih mendominasi isi sungai. Batuan-batuan pegunungan yang sangat besar tersebut menambah keeksotikan coban. Di dasar air terjun terdapat kolam air dangkal sebagai kolam pelimpahan. Air terjun Coban Talun juga dikelilingi oleh hutan dan pegunungan yang sejuk. Karena keindahan alamnya, kawasan ini sering digunakan sebagai area camping.

Baca Juga : 7 Tempat Terbaik untuk Honeymoon di Indonesia versi ApaAjalah

3. Air Terjun Coban Sumber Pitu dan Ringin Gantung

Air Terjun Sumber Pitu berada di kawasan barat pegunungan Bromo, tepatnya berada di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Keuntungan jika berkunjung ke Sumber Pitu. Pengunjung bisa menikmati keindahan dua air terjun sekaligus di satu lokasi.






Tak jauh dari Sumber Pitu, mengalir deras Air Terjun Ringin Gantung dari ketinggian sekitar 40 meter. Disebut ringin gantung karena terdapat pohon beringin yang menempel pada sisi barat Air Terjun.Di tebing sisi utara Ringin Gantung inilah Umbulan Pitu memancarkan air yang jernih dan deras di sela sela hijaunya tanaman yang menutup dinding tebing. Tidak terlalu tinggi, namun cukup eksotis. Debit maupun warna air yang keluar dari tujuh mata air tak terpengaruh kondisi cuaca, hujan maupun kemarau.










Baca Juga : Inilah 7 Pantai Terindah di Indonesia versi ApaAjalah

4. Air Terjun Coban Pelangi

Wisata air terjun Coban Pelangi merupakan wisata yang berada di kawasan Desa Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Tepatnya berjarak sekitar 2 km dari desa Gubugklakah atau sekitar ± 32 km sebelah timur kota Malang.

Wisata ini sangat menarik. Suasana di sekitar coban ini cukup sejuk. Suhu udara yang dingin disertai suara guyuran air yang jatuh dari ketinggian 110 meter ini akan membuat pengunjung merasa fresh. Yang menarik dan sangat mengesankan adalah ketika ada bias-bias warna pelangi yang timbul dari air terjun ini. Warna pelangi yang indah akan menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan.






Baca Juga : 5 Pulau Buatan Tercantik di Dunia

5. Air Terjun Coban Sewu

Air Terjun Coban Sewu terletak di Dusun Tretes, Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Air terjun ini berada sekitar 100 m dari jalan raya yang menghubungkan kota Batu dengan Kediri. Jika Anda sedang dalam perjalanan menuju Kota Jombang dan Kediri atau sebaliknya, mungkin ada baiknya sesekali mampir sejenak di air terjun ini. Coban ini juga sering disebut Air Terjun Grojogan Sewu oleh masyarakat Malang.

Fasilitas yang ada di obyek wisata Air Terjun Coban Sewu ini antara lain sarana ibadah berupa mushola kecil dan juga toilet. Di lokasi ini juga terdapat sebuah padepokan bernama Padepokan (Balai) Sapto Pratolo. Di sisi air terjun terlihat banyak dupa dan sesajen yang tersebar di bawah pohon beringin.

Baca Juga : Wedi Ireng, Pantai Cantik yang Tersembunyi di Banyuwangi

6. Air Terjun Banyu Anjlok

Banyu Anjlok adalah sebuah air terjun yang berada dekat dengan teluk Kletak’an, dan merupakan satu-satunya air terjun di Malang yang letaknya berdampingan dengan pantai. Air Terjun Banyu Anjlok tersebut berasal dari sumber yang ada di atas bukit dan mengaliri tebingnya dengan ketinggian 7 meter. Jika anda menaiki batuan ke puncak air terjun anda bisa menemukan cekungan lebar berisi air tawar yang bisa digunakan berendam dan berenang. Airnya pun tidak turun deras dalam satu titik, namun menyebar hingga sampai lebarnya batu karang yang besar tersebut. Suasana di pantainya juga sangat tenang, sejuk dan bersih. Mengingat tempat ini tergolong jarang dikunjungi wisatawan. Wilayah sekitar pantai juga asri. Dibawah air terjun terdapat sebuah gua kecil yang bisa anda masuki dengan menerobos air terjun.

Baca Juga : 5 Tempat Terbaik untuk Foto Prewedding di Lombok

7. Air Terjun Coban Jahe

Air terjun Coban Jahe Malang, tepatnya di pedukuhan Begawan, desa Pandansari Lor, kecamatan Tumpang, kabupaten Malang. Lokasi Air Terjun Coban Jahe masuk dalam wilayah perhutani unit II Jawa Timur KPH Malang. Coban (dalam bahasa Jawa Timuran) atau air terjun yang masih sangat alami ini juga dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai air terjun Begawan.

Panorama air terjun coban jahe cukup indah dengan kealamiannya, dikelilingi dinding-dinding padas yang menjulang tinggi, menambah eksotic pemandangan. Air terjun yang jatuh dari ketinggian sekitar 40 meter ini, menimbulkan riak-riak dan mengalirkan buih-buih menuju aliran sungai dibawahnya. Udara segar begitu terasa, ditambah rerimbunan pohon menambah kesejukannya.

Baca Juga : 7 Tempat Wisata di Magetan yang Wajib Anda Kunjungi

Incoming Search :
wisata malang
travel malang
air terjun
air terjun di malang
coban di malang

Tag :
#coban
#airterjunmalang
#malang
#wisatamalang
#travelmalang

No comments:

Post a Comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags