Pages

Share

Inilah 5 Tempat Wisata di Gresik yang Tersembunyi Keindahannya

Thursday 17 December 2015


Gresik adalah sebuah kota yang terletak di sebelah barat Surabaya. Gresik lebih dikenal sebagai kota santri. Jejak para wali masih terasa hingga saat ini. Sebenarnya lebih cocok disebut dengan kota industri. Karena tidak sedikit industri besar yang tumbuh disana. Salah satunya ya Semen Gresik. Tapi jangan salah. Banyak loh tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi di kota Gresik ini, termasuk 5 tempat wisata terbaik Gresik versi Apa Apa Ajalah yang diangkat dari berbagai sumber berikut ini.

1. Pulau Bawean

Sumber : telusurindonesia.
Pulau Bawean adalah sebuah pulau yang eksotis di Laut Jawa. Walaupun jaraknya mencapai 120 mil dari Gresik, tapi masih menjadi bagian dari Gresik. Pantai berpasir putih yang sangat menggoda mengelilingi pulau ini. Ada beberapa wisata yang dapat Anda kunjungi pula di Pulau Bawean yaitu wisata pemandian air panas, air terjun Laccar, danau Kastoba, sampai penangkaran Rusa Bawean yang menjadi ikon Gresik. Jika Anda beruntung menemukan air laut sedang surut, Anda dapat berjalan kaki ke Pulau Noko yang tak kalah eksotis dari Pulau Bawean. Untuk menuju kemari, Anda dapat menumpang kapal cepat ekspres bahari atau kapal ASDP Gili Iyang.

2. Pantai Delegan

Sumber : sobatpetualang.com
Jika Anda ingin menemukan pantai di utara Gresik dengan pasir putihnya yang lembut, ya Pantai Delegan. Ombak yang menyapu bibir pantainya begitu tenang. Sangat eksotis. Saking tenangnya hingga Anda dapat bermain air di sepanjang tepi pantai dengan puasnya. Kalau mau lebih seru, datanglah pada bulan Agustus karena ada perlombaan bahari yang wajib Anda coba. Pantai ini terletak di desa Delegan, Kecamatan Panceng, atau sekitar 40 km dari pusat kota.




3. Telaga Ngipik


Berada di tengah kota industri memang sangat membosankan. Begitu kira-kira yang kita pikirkan. Tapi tidak dengan kota industri yang satu ini. Ia memiliki sebuah telaga yang sejuk tepat di tengah kotanya yang panas. Telaga Ngipik namanya. Telaga ini tepatnya berada 1,5 km dari pusat kota. Merasakan semilir angin di bawah kerindangan pepohonan yang mengitarinya menjadi daya tarik Telaga Ngipik. Selain itu, telaga ini digunakan untuk kegiatan ski air oleh Persatuan Ski Air Seluruh Indonesia se Jawa Timur.


4. Bukit Jamur

Sumber : redio.in
Mau wisata yang unik dan beda dari yang lain? Coba deh datang ke Bukit Jamur. Disana Anda akan menemui bukit batuan yang bentuknya seperti jamur. Ada juga yang bilang kalau mirip ubur-ubur. Bebatuan yang terkena erosi sehingga membentuk seperti jamur ini membuatnya menjadi sangat cantik. Tertarik kan untuk berwisata ke sana? Bukit Jamur ini terletak di Kecamatan Bungah, bisa melalui jalur Pantura.



5. Sendang Banyu Biru Lowayu

Sumber : hipwee.com
Sendang Banyu Biru Lowayu terletak di Desa Lowayu, Kecamatan Dukuh.Seperti namanya, Sndang Banyu Biru ini memang memiliki air yang berwarna biru. Entah apa yang menyebabkan airnya berwaena biru, karena belum ada suatu penelitian untuk sendang ini. Hanya bau belerang jika Anda mendekati sendang ini. Tetapi tidak sedikit warga yang menggunakan air sendang ini untuk mandi karena dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

No comments:

Post a Comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags