Pages

Share

7 Air Terjun Indah di Indonesia

Wednesday 22 April 2015

Bagi anda pecinta traveling, air terjun merupakan salah satu destinasi yang sangat cocok untuk anda. Selain menyajikan pemandangan indah, di beberapa air terjun anda bisa mandi untuk menyegarkan badan dan pikiran anda. Nah, di Indonesia terdapat beberapa air terjuan yang sangat indah dan bisa anda coba jadikan tujuan wisata ketika ada waktu luang. Berikut air terjun tersebut :

1. Air Terjun Saluopa

Air Terjun Saluopa terletak di Desa Leboni, Kecamatan Pamona Pusalemba, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Lokasinya kurang lebih berjarak sekitar 12 km sebelah barat kota Tentena. Keindahan air terjun Saluopa ini bukan hanya dikenal oleh wisatawan lokal, namun juga mancanegara. Air terjun Saluopa yang memiliki ketinggian 25 meter ini bersumber dari mata air yang mengalir dari puncak gunung lalu melewati batuan gunung sebanyak 12 tingkatan. Di setiap tingkatnya terdapat tangga yang terbuat dari batu yang menjadi akses bagi wisatawan untuk menuju tingkatan air terjun. Di sekitar air terjun Saluopa terdapat hutan tropis yang dihuni oleh berbagai fauna. Anda dapat mencapai air terjun Saluopa dengan melewati hutan tropis tersebut. Tidak perlu khawatir karena sudah tersedia jalur trekking di dalamnya.



2.Air Terjun Mursala

Air Terjun Mursala merupakan salah satu air terjun terindah di Indonesia yang airnya langsung jatuh dari tebing ke lautan lepas. Air terjun Mursala terletak di Pulau Mursala yang berada di antara Pulau Sumatera dan Pulau Nias, tepatnya di Kabupaten Tapanuli Tengah. Dengan ketinggian sekitar 35 meter, air yang mengalir pada bebatuan granit yang berwarna hitam kemerahan lalu jatuh tercurah ke permukaan Samudra Hindia dengan suara bergemuruh. Debit air di sini tidak pernah kering sekalipun pada musim kemarau. Di perairan di bawah air terjun, ada berbagai macam terumbu karang dan ikan hias, termasuk terumbu karang yang langka yaitu. Anda dapat menyaksikan keindahan air terjun Mursala ini dengan menyewa kapal dan berlayar di sekitarnya. Serunya, Anda juga dapat ber-snorkeling di perairan di bawah air terjun Mursala ini.

3. Air Terjun Benang Kelambu

Berada di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Air terjun Benang Kelambu berada di bagian atas hulu dari Air Terjun Benang Stokel. Air terjun ini keluar dari sela-sela pohon gambung yang rindang degan enam deret titik air. Airnya yang tercurah dari atas bukit sangat tipis dan lembut, mirip dengan kelambu. Suara jatuhnya air pun tidak terlalu bising. Itulah sebabnya mengapa air terjun ini dinamai Benang Kelambu. Di kawasan air terjun Benang Kelambu ini terdapat dua kelompok air terjun. Tingginya sekitar 40 meter dan memiliki dua atau tiga tingkatan. Dari titik teratas , curahan airnya lalu jatuh ke tingkatan di bawahnya di mana terdapat tiga susunan batu lebar berbentuk ceper. Berkat hantaman batu ceper inilah hantaman air yang jatuh ke bawah tidak terlalu kuat sehingga pengunjung dapat mandi di bawah air terjun. Masyakarat setempat percaya bahwa mandi di air terjun Benang Kelambu ini dapat menjadikan kita awet muda.

4. Air Terjun Sri Gethuk

Salah satu air terjun terindah di Indonesia ini terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun Sri Gethuk ini berada di tepi Sungai Oyo dan lahir dari tiga sumber mata air “kedung poh”, “ngandong”, dan “ngumbul”. Ketiga sumber air ini mengalir menjadi satu dan membentuk aliran air yang jatuh dari tebing bebatuan karst. Masyarakat setempat mempercayai bahwa air terjun ini merupakan tempat penyimpanan kethuk (salah satu instrument gamelan) milik Jin Anggo Meduro. Konon pada saat-saat tertentu, warga akan mendengar suara gamelan yang mengalun dari arah air terjun. Untuk dapat mencapai Air Terjun Sri Gethuk, pertama-tama Anda harus melewati hutan kayu putih milik PERHUTANI dan ladang pohon jati. Setelah itu, ada dua pilihan untuk Anda: menyusuri jalan setapak dengan pemandangan sawah atau menyusuri Sungai Oyo dengan rakit.

5. Air Terjun Sipiso piso

Menikmati keindahan air terjun adalah pengalaman yang luar biasa menyenangkan. Anda tidak harus ke Amerika untuk melihat air terjun Niagara yang Agung atau ke Brazil untuk melihat indahnya air terjun Iguazu. Di tanah air juga banyak terdapat air terjun yang indah, salah satunya adalah Air Terjun Sipiso Piso. Air terjun ini terletak tidak jauh dari Danau Toba. Jadi jika anda kebetulan sedang liburan ke Danau Toba, mengapa tidak menyempatkan waktu untuk berkunjung ke tempat yang eksotis ini.

Air Terjun Sipiso Piso adalah sebuah air terjun yang berada pada ketinggian 800 m di atas permukaan laut dan memiliki vegetasi yang didominasi oleh hutan pinus. Satu hal yang perlu anda ketahui bahwa Sipiso Piso adalah air terjun tertinggi di Indonesia, dengan ketinggian sekitar 120 meter. Nama Air Terjun Sipiso Piso memang unik, memiliki arti pisau. Penduduk memberikan nama ini karena air yang jatuh dari puncak Air terjun sangat deras sehingga diumpamakan seperti bilah pisau yang tajam. Selain itu lingkungan di sekitar air air terjun ini juga sangat curam.

6. Air Terjun Moramo

Terletak 65 km di sebelah timur Kendari, Air Terjun Moramo mudah diakses oleh mobil atau dengan perahu. Keunikan dari air terjun ini yakni memiliki tingkatan sebanyak 127 tingkatan setinggi 100 meter sepanjang 2 km diperbukitan dataran tinggi Sulawesi Tenggara. Dan dikelilingi oleh hutan alami yang menjadi tempat habitat asli Sulawesi Tenggara.

7. Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna yang punya nama lain Air Terjun Telaga Bitu Sibolangit adalah aliran air yang jatuh dari ketinggian 75 meter dan terletak 1475 meter di atas permukaan air laut (mdpl). Air terjun Dua Warna Sibolangit cukup unik karena terdiri dari dua buah air terjun, satu air terjun warnanya biru dan terasa dingin, sedangkan yang satunya lagi berwarna putih dan airnya hangat. Kedua air terjun dipisahkan oleh beberapa air terjun kecil dan tebing-tebing tinggi yang dipenuhi lumut. Air Terjun Dua Warna Sibolangit dipercaya merupakan hasil proses alam ratusan tahun silam ketika Gunung Sibanyak meletus dan mengeluarkan sumber air belerang yang berpadu dengan resapan air hutan yang warnanya biru. Kedua air terjun akan ditampung di sebuah danau kecil yang airnya berwarna biru dan putih keabu-abuan. Meski tampak cantik, jangan coba-coba meminum air danau ini ya, travelers. Ini karena belum ada penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kandungan belerang dalam air apakah aman atau tidak untuk dikonsumsi manusia.

Tag : #obyekwisataindonesia #wisataindonesia #airterjun #airterjundiindonesia #airterjunindah

No comments:

Post a Comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags