Pages

Share

7 Pantai yang Wajib Anda Kunjungi ketika Bertandang di Kota Gudeg, Jogja

Tuesday 28 April 2015

1. Pantai Jogan


Pantai Jogan terletak di sebelah barat Pantai Siung Jogja, tepatnya di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. pantai Joganmenempati posisi yang istimewa karena memiliki keunikan yaitu air terjun yang langsung jatuh dari atas tebing ke bibir laut Jogan. Ketinggian air terjun ini sekitar 10 m dengan sumber air yang berasal dari perbukitan karst di sebelah utara.


Untuk bisa menikmati guyuran air terjun tersebut harus turun kebawah dengan melewati turunan licin dan basah. Tetapi sudah ada kayu-kayu untuk berpegangan dan menopang tubuh. Hati-hati saat turun ke bawah karena jalurnya  cukup curam. Setelah itu ada sedikit tantangan yaitu melewati karang yang dihuni oleh ribuan bayi kepiting yang berwarna transparan berukuran sekitar 5 mm. Setelah sampai ke bawah, maka saatnya untuk menikmati keramahan air terjun tersebut dengan percikan air dan guyuran bagai tirai yang terbuat dari air yang sejuk menyegarkan.


2. Pantai Pandansari


Pantai Pandansari terletak satu deret dengan Pantai Samas, Pantai Goa Cemara, Pantai Kuwaru, dan Pantai Pandansimo. Pantai Pandansari merupakan satu-satunya pantai di Yogyakarta yang memiliki mercusuar tinggi dan bisa didaki menggunakan anak tangga melingkar. Mercusuar Pantai Pandansari berdiri dengan gagah, menyeruah di antara cemara laut di tepi laut selatan. Dari puncak mercusuar wisatawan bisa menyaksikan deretan pantai sepanjang Bantul hingga Kulonprogo. 

Selain mercusuar, hal yang menarik lainnya di Pantai Pandansari adalah keberadaan Agrowisata Buah Naga. Wisatawan bisa mengunjungi kebun buah naga merah ini sembari memetik buahnya untuk dijadikan oleh-oleh bagi kerabat di rumah. Atau bisa juga langsung menyantap buah naga di kebunnya langsung.


3. Pantai Kukup


Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 1 km dari Pantai Baron. Pantai Kukup memiliki sebuah pulau karang kecil di sisi timur lengkap dengan gardu pandang. Untuk mencapai pulau tersebut wisatawan bisa berjalan kaki menyusuri anak tangga dan menyeberang jembatan. Dari gardu pandang atau pendopo ini wisatawan bisa menyaksikan hamparan Samudra Hindia dengan ombaknya yang bergulung-gulung menabrak karang. Panorama inilah yang kerap membuat Pantai Kukup disebut sebagi Tanah Lotnya Jogja.

Selain pulau karang dengan gardu pandang, keistimewaan lain dari Pantai Kukup adalah keberadaan beragam biota laut dengan bentuk dan warna yang indah. Di Pantai ini terdapat banyak penjual ikan hias yang menjual ikan warna-warni dengan bentuk-bentuk yang lucu. Tak hanya ikan, wisatawan juga bisa menyaksikan biota laut lainnya seperti aneka kerang warna-warni, bintang laut dengan corak unik, hingga belut laut.

4. Pantai Wediombo


Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul. Pantai Wediombo memiliki garis pantai dengan balutan pasir putih dan jajaran batu karang yang menjorok ke lautPantai Wediombo asyik digunakan sebagai tempat bermain. Selain memiliki hamparan pasir putih yang lumayan luas, Pantai Wediombo juga dihiasi dengan karang-karang besar yang menjorok ke laut. Terjangan gelombang besar ke atas karang akan menciptakan pemandangan yang indah. Jika datang di waktu dan musim yang tepat, wisatawan dapat menyaksikan sunset nan indah dari pantai ini. Bola besar berwarna keemasan akan lindap dan menghilang di balik cakrawala, menciptakan sensasi yang luar biasa.

Memancing di Pantai Wediombo akan sangat memuaskan. Pemancing bisa mendapatkan ikan-ikan berukuran besar. Salah satu jenis ikan yang sering didapat adalah ikan cucut yang oleh penduduk setempat lebih dikenal dengan nama ikan panjo. Soal umpan pemancing pun tak perlu khawatir. Cukup rentangkan jaring kecil di tepian pantai, dan umpan berupa teri pun bisa didapat.


5. Pantai Drini


Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Lokasinya di sebelah timur Pantai Baron dan di sebelah Barat Pantai Indrayanti. Pantai Drini merupakan pantai yang unik, karena dalam 1 pantai terdapat 2 wajah yang berbeda. Jika di sebelah barat nampak pemandangan yang sedikit kumuh akibat menjadi tempat pelelangan ikan, maka di sisi timur terdapat sebuah pantai yang cantik berhiaskan pasir putih, ombak yang mengalun lembut, serta ikan warna-warni yang berenang di antara terumbu karang.

Sebuah pulau karang berdiri tak jauh dari bibir pantai, pulau itulah dikenal dengan nama Pulau Drini. Dari pulau ini wisatawan bisa melihat ombak yang bergulung-gulung di lautan lepas dan juga pemandangan Pantai Drini yang dihiasi gazebo beratapkan alang-alang serta deretan perahu nelayan warna-warni.  Sebuah menara menghiasi pulau ini. Jika datang di pagi hari, wisatawan bisa melihat sunrise yang indah dari atas Pulau Drini.


6. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Jogja. Salah satu keistimewaan Pantai Indrayanti adalah adanya restoran dan cafe yang dikelola oleh sosok bernama Indrayanti. Restoran dengan konsep outdoor ini dilengkapi dengan gazebo-gazebo beratap rumbia. Restoran ini buka setiap hari dari pagi hingga malam. Jadi wisatawan bisa menikmati makan malam di tempat ini ditemani debur ombak dan gemerlap bintang serta kerlip lampu cantik yang menghiasi gazebo.

Selain menikmati suasana pantai dari restoran, wisatawan juga bisa bersantai di bawah payung warna-warni yang disewakan oleh warga. Bermain pasir, mencari kerang hias, atau berjalan mendaki bukit untuk menyaksikan pantai dari ketinggian juga bisa menjadi pilihan aktivitas.


7. Pantai Parangtritis


Pantai Parangtritis terletak sekitar 27km dari pusat kota Jogja. Pantai Parangtritis merupakan pantai paling populer di Yogyakarta dan lekat dengan legenda Nyi Roro Kidul. Di pantai ini wisatawan tak perlu merasa bosan sebab ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan mulai dari naik kuda, naik ATV, naik bendi, bermain layang-layang, hingga menyaksikan senja yang romantis.

Pantai Parangtritis memiliki garis pantai yang sangat panjang, menyatu hingga Pantai ParangkusumoPantai Depok dan pantai-pantai di sebelah barat lainnya. Meskipun secara landscape tidak secantik pantai-pantai Gunungkidul yang memiliki hamparan pasir putih dan gugusan karang, Pantai Parangtritis tetap menjadi pantai paling ramai di setiap waktu.

No comments:

Post a Comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags