Pages

Share

7 Kepulauan Indah di Indonesia

Wednesday 22 April 2015

Sebagai negara kepulauan Indonesia memiliki ribuan pulau yang terbentang dari Sabang sampe Merauke. Diantara pulau-pulau itu ada beberapa pulau menawan yang akan mempesona pengunjungnya. Bagi anda para petualang, cobalah untuk berkunjung ke kepulauan berikut :

1. Kepulauan Derawan

Tidak ada cara lebih baik untuk mendapatkan keindahan bahari Derawan, kecuali mencelupkan diri ke bawah laut, baik itu dengan menyelam ataupun sekadar snorkeling. Melengkapi istirahat, Anda bisa menikmati hamparan pasir di Gosong yang letaknya hanya 5 menit dari Pulau Derawan. Kehidupan bawah laut di sini luar biasa, Anda akan temukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung, barakuda, serta ubur-ubur stingless. Ikan Hiu Derawan di sini merupakan salah satu keragaman hayati yang berharga. Dan tak hanya itu, beberapa spesies unik dan dilindungi ada di sini, kepiting kepala, ikan paus, lumba-lumba, dan duyung.



2. Kepulauan Raja Ampat

Untuk bisa mencapai Raja Ampat, Anda harus membeli tiket ke Sorong dari Jakarta dengan waktu penerbangan 6 jam, transit di Makassar atau Manado. Setelah tiba di Sorong, Anda harus menaiki kapal dengan tempuh waktu 3 jam. Anda akan dihadapi dengan dua pilihan saat ingin menikmati wisata alam Kepulauan Raja Ampat. Pilihannya untuk tinggal di sebuah atau tinggal di sebuah kapal pinisi yang sudah dimodifikasi. Untuk dapat menikmati wisata Raja Ampat selama sepekan dengan menggunakan kapal pinisi, Anda harus membayar lebih dari Rp100 juta dengan kapasitas penumpang 14 orang. Untuk pilihan hotel, Anda dapat menginap di dengan harga mulai Rp600.000 saja.

3. Kepulauan Togean

Di Kepulauan Togean, tidak hanya menawarkan paket penyelaman. Akan tetapi, Anda juga dapat melakukan trekking di seluruh pulau untuk melihat babi rusa togean, rusa, kelelawar, dan kepiting kenari. Walau sedikit usaha untuk mencapai kepulauan ini, Anda tidak akan merasa bosan. Mengingat sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan sekitar yang luar biasa bagus. Lamanya perjalanan, Anda akan ditemani keindahan gunung kebun kopi dan keindahan pantai di garis khatulistiwa.



4. Kepulauan Karimun Jawa

Kepulauan yang telah menyandang predikat sebagai Taman Laut Nasional sejak tahun 2011 ini memang selalu memuaskan mata para wisatawan. Kepulauan ini memiliki tipe ekosistem beraneka ragam, seperti hutan pantai, mangrove forest, ikan hias dan terumbu karang. Karimun Jawa sebenarnya memilik 27 buah pulau, namun baru berpenghuni 4 buah pulau.






5. Kepulauan Wakatobi

Salah satu pulau terindah di Indonesia juga jatuh pada Pulau Wakatobi. Sebelum 18 Desember 2003, kepulauan ini disebut dengan Pulau Tukang Besi. Seorang jurnalis selam di dunia, Jacques Costeau, pernah mengatakan, “Wakatobi merupakan tempat menyelam paling indah di dunia.” Pariwisata di pulau ini memang menjadi andalan kuat bagi para penghuninya, karena memang pulau ini tidak pernah sepi dari turis-turis dalam atau luar negeri.


6. Kepulauan Gili Terawangan

Kepulauan Gili terdiri dari 3 pulau, yaitu Pulau Gili Air, Gili Trawangan, dan Gili Meno. Anda tidak akan menemukan mobil, motor atau kendaraan bermotor lainnya disini, melainkan Cidomo, yaitu delman khas pulau Gili, akan menemani Anda bila Anda ingin berkeliling di pulau ini. Pulau ini sangat cocok untuk Anda yang ingin beristirahat dari kepadatan rutinitas kota. Aktivitas di pulau ini tidak hanya meriah di siang hari, di malam hari pun Anda masih bisa melihat kemeriahan para turis yang merayakan pesta liburan mereka di pulau ini.

7. Kepulauan Seribu

Dinamakan Pulau Seribu karena memang Anda akan menemui banyak sekali pulau-pulau kecil yang begitu indah di daerah ini. Terdapat 110 buah pulau yang tersebar, 36 buah pulau yang dapat dikunjungi sebagai rekreasi, dan baru 11 buah pulau yang dikembangkan. 2 pulau yang paling sering dikunjungi oleh para turis adalah Pulau Tidung dan Pulau Pari.








Tag : #kepulauanindonesia #wisatakepulauan #kepulauanindah #kepulauanderawan #rajaampat

No comments:

Post a Comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags