Pages

Share

Danau-danau Indah di Lumajang

Monday 4 May 2015

1. Ranu Klakah


Ranu Klakah terletak di Desa Tegalrandu Kecamatan Klakah dengan jarak sekitar 20 Km dari kota Lumajang.
Obyek ini berada pada ketinggian 900 meter dari permukaan laut, dengan luas 22 hektar dan kedalaman 28 m yang dilatar belakangi gunung Lamongan dengan ketinggian sekitar 1.668 m dari permukaan laut, serta didukung oleh udara yang sejuk dan segar. Beraneka ragamnya buah-buahan nangka khas Klakah yang dijual sepanjang jalan raya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi obyek wisata ini.


2. Ranu Bedali


Ranu Bedali berjarak sekitar 6km dari Ranu Klakah. Ranu yang satu ini memiliki ketinggian sekitar 700 M dari permukaan laut dengan luas danau 25 Ha dan kedalaman 28 m. Keunikan dari danau ini terletak dari permukaan airnya yang berada jauh di bawah permukaan tanah. Sehingga untuk mencapai daratan tepi danau dibutuhkan tenaga yang prima dan kehati-hatian yang tinggi.



3. Ranu Pakis

Ranu Pakis terletak sekitar 7km dari Ranu Bedali. Ranu Pakis mempunyai ketinggian 600 Meter dari permukaan laut dengan luas danau 50 Ha dan kedalaman 26 m. Masih dilatar belakangi Gunung Lamongan dan nampak lebih dekat, serta kondisi alam yang masih perawan akan menjadi daya tarik bagi pecinta lingkungan atau wisatawan yang membutuhkan udara segar.


4. Ranu Pane


Ranu Pane terletak di desa Panupane, Kecamatan Senduro, 50 Km di sebelah barat Kabupaten Lumajang, tepat berada di lereng Gunung Bromo dan Semeru. Masuk dalam kawasan konservasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Taman Nasional. Ranu ini juga menjadi rute untuk mulai mendaki Gunung Penanjakan, Gunung Bromo dan Gunung Semeru.


Ranu Pane adalah sebuah danau hijau dengan luas 1 hektar, terletak di ketinggia 2.200 m di atas permukaan laut. Dari tempat ini, kita bisa melihat Gunung Semeru berdiri megah dengan kaldera di sekitar kawah. Bagi pengunjung yang ingin tinggal disekitar danau tersebut, disediakan rumah tinggal, vila dan pondok-pondok untuk menginap.


5. Ranu Regulo


Ranu Regula terletak di desa Panupane, Kecamatan Senduro, 50 Km di sebelah barat Kabupaten Lumajang dan berdekatan dengan Ranu Pane. Ranu Regulo memiliki luas sekitar 0,75 ha. Sama seperti di Ranu Pane, di Ranu Regulo wisatawan dapat melihat Gunung Semeru berdiri megah dengan kaldera di sekitar kawah.




6. Ranu Kumbolo


Mirip dengan Ranu Pane dan Ranu Regulo, Ranu Kumbolo meiliki area yang lebih luas dari kedua danau tersebut, yaitu 8 hektar dan terletak di 22.390 m di atas permukaan laut. Ranu Kumbolo terbentuk dari letusan kawah Gunung Jambangan.



Bagi wisatawan yang suka hiking, Ranu Kumbolo adalah pit-stop untuk mempersiapkan petualangan. Selain itu, Ranu Kumbolo juga menyediakan gubuk untuk pejalan kaki dan ada camping ground untuk berkemah. Udara segar, air bersih, suasana yang menyenangkan adalah hal yang dapat dirasakan wisatawan saat menghabiskan waktu di Ranu Kumbolo yang menakjubkan ini.

No comments:

Post a Comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags