Pages

Share

7 Puncak Tertinggi di Indonesia

Saturday 2 May 2015

1. Puncak Jaya

Puncak Jaya atau dikenal dengan julukan Cartenz Pyramid, adalah titik puncak tertinggi di Indonesia dan Oceania. Bagian dari Barisan Sudirman dibarisan pegunungan di Papua, Puncak Jaya memiliki ketinggian hingga 4.884 meter diatas permukaan laut. Karena ketinggiannya bagian atas Puncak Jaya selalu tertutup oleh salju. Puncak Jaya menjadi salah satu dari sebagian kecil wilayah yang bersalju di Indonesia.



2. Puncak Mandala

Gunung tertinggi kedua di Indonesia adalah Puncak Mandala. Gunung yang menjulang setinggi 4.760 meter diatas permukaan laut ini, merupakan bagian dari Pegunungan Jayawijaya di sebelah timur Papua. Kawasan tertinggi di Puncak Mandala ini di sekitaran tahun 90an kerap tertutup oleh salju, namun sejak 2003 salju tidak terlihat lagi akibat pemanasan global yang telah melumerkan salju di Puncak Mandala.




3. Puncak Trikora

Puncak Trikora dapat ditemukan di sebelah timur Barisan Sudirman. Sama seperti Puncak Mandala, dulunya Puncak Trikora diselimuti oleh salju namun sejak tahun 1962, tak terlihat lagi. Berdiri kokoh setinggi 4.750 meter diatas permukaan laut terpaut tipis dari Puncak Mandala.







4. Ngga Pilimsit

Ngga Pilimsit berada di bagian pegunungan yang sama dengan gunung-gunung tertinggi lainnya di Papua. Gunung ini hanya lebih rendah beberapa puluh meter dibanding gunung - gunung tertinggi lainnya di Papua. Tinggi maksimal Ngga Pilimsit adalah 4.717 meter diatas permukaan laut.






5. Gunung Kerinci

Pulau Sumatera juga memiliki gunung dengan tinggi 3.805 meter yaitu Gunung Kerinci. Gunung yang berlokasi di wilayah Kerinci Jambi menjadi gunung tertinggi di Sumatera dan gunung tertinggi ke - 5 di Indonesia. Terletak di pegunungan Bukit Barisan dan menjadi habitat dari beberapa satwa langka seperti Harimau dan Badak Sumatera.




6. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani, Lombok. Gunung yang memiliki ketinggian 3.726 meter diatas permukaan laut ini merupakan gunung terindah yang ada di Indonesia dan telah banyak memikat banyak pendaki lokal maupun luar negri. Gunung Rinjani ini memiliki danau kawah bernama Segara Anak yang menyempurnakan keindahannya.




7. Gunung Semeru

Menjulang setinggi 3.676 meter diatas permukaan laut, Gunung Semeru atau sering dikenal dengan nama Mahameru ini tercatat sebagai gunung tertinggi Pulau Jawa. Gunung ini pun menjadi gunung yang membuat para pendaki lokal maupun asing penasaran, karena jarak tempuh yang bisa mencapai 4 hari perjalanan, dan semakin terkenal sejak pemutaran film “5CM” yang berlatarkan Gunung Semeru.

No comments:

Post a Comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags