Pages

Share

7 Air Terjun Nan Eksotis di Pasuruan

Thursday 14 May 2015

1. Air Terjun Gumandar

Air Terjun Gumandar terletak di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Pasuruan. Air Terjun Gumandar ini cukup unik karena tidak mempunyai aliran sungai untuk mengaliri air yang dijatuhkan dari atas tebingnya, namun langsung masuk ke tanah untuk diserap dan kemudian keluar lagi lewat sumber air disekitar pemukiman penduduk. Tak jauh dari Air Terjun Gumandar terdapat air terjun lain dengan nama Air Terjun Deleg.  Keberadaan air terjun ini sekitar 11 km dari Kaliandra, Pusat Pendidikan Alam dan Budaya.



2. Air Terjun Rambut Moyo

Air terjun Rambut Moyo terletak di Dusun Krajan, Desa Palangsari, Kecamatan Puspo, Pasuruan. Air terjun ini berada di kawasan pegunungan Bromo-Tengger pada ketinggian sekitar 1500 meter di atas permukaan laut. Air terjun ini terdiri dari dua tingkatan dimana bagian atas terlihat lebih pendek dibandingkan bagian bawahnya.  Ketinggian terjunan air ini sekitar 40 meter dengan telaga kecil yang airnya cukup dangkal dibawahnya.


3. Air Terjun Coban Cemoro Gading

Air Terjun Coban Cemoro Gading terletak di Desa Ngadirejo, Kecamatan Tutur, Pasuruan.  Coban Cemoro Gading merupakan air terjun tertinggi di kawasan Nongkojajar. Sama seperti Air Terjun Sumber Nyonya, Coban Cemoro Gading juga tergolong tidak berbahaya sebab air yang jatuh langsung mengenai batu sehingga tidak ada tempat kubangan air yang dalam. Tempat ini tergolong sulit dijangkau karena letaknya yang sangat jauh.

4. Air Terjun Coban Waru

Air Terjun Coban Waru terletak di Dusun Kayukebek, Desa Wonosari, Kecamatan Tutur, Pasuruan.
Coban Waru juga dikenal sebagai Coban Joyo atau juga Coban Wonosari. Coban ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Tempat ini sangat cocok untuk melepaskan kepenatan dari aktivitas sehari-hari. Kondisi alamnya yang masih alami dan udaranya yang sejuk akan membuat pikiran lebih tenang dan tidak ingin beranjak dari tempat ini.


5. Air Terjun Coban Baung

Air Terjun Coban Baung terletak di Desa Cowek, Kecamatan Purwosari, Pasuruan. Coban Baung memiliki ketinggian sekitar 100 m dan terletak di dalam Taman Wisata Alam Gunung Baung yang memiliki luas 195,50 Ha.  Air terjun ini bergandengan dengan Kebun Raya Purwodadi di sebelah barat dan merupakan pertemuan dua aliran sungai, yaitu Sungai Welang dan Sungai Beji.
Selain Coban Baung, di sisi timur lokasi terdapat empat buah yang terletak di sepanjang aliran Sungai Beji.

6. Air Terjun Alap-Alap

Air Terjun Alap alap terletak di Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Pasuruan. Air Terjun ini berada di sekitar area pegunungan Gunung Arjuno dan Welirang. Ketinggian air terjun sekitar 40 m dengan tiga tingkatan. Debit air terjun ini tidaklah besar dan yang mengalir melewati sela-sela tebing batu. Nama alap alap diambil dari salah satu jenis burung pemangsa yang menjadi habitat hidup burung yang dikenal sebagai Elang Jawa.



7. Air Terjun Sumber Nyonya

Air Terjun Sumber Nyonya terletak di Dusun Gunung Sari, Desa Wonosari, Kecamatan Tutur, Pasuruan. Air Terjun Sumber Nyonya merupakan air terjun yang tergolong aman karena air tidak langsung jatuh ke tanah, dimana air yang jatuh terlebih dahulu mengenai bebatuan yang berada di tingkat yang lebih rendah, sehingga tidak ada tempat yang dalam di sekitar hempasan air. Air terjun ini terletak di areal perkebunan kopi penduduk. Keberadaan air terjun ini tidak jauh dari Wanawisata Bukit Flora.

No comments:

Post a Comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags