Pages

Share

7 Pantai Menawan yang tersembunyi di Banyuwangi

Monday 4 May 2015

1. Pantai Pulau Merah atau Red Island

Pantai Pulau Merah atau Red Island terletak di pesisir selatan Banyuwangi. Pantai Red Island ombaknya pas untuk berselancar/surfing. Tak jauh dari bibir pantai anda akan menemui sebuah pulau kecil dengan tanahnya berwarna kemerahan. Begitulah disebut dengan Pulau Merah.Pantai Pulau Merah tergolong bersih dengan pasir putih yang mempesona. Saat senja tiba, anda pun masih bisa menyaksikan sunset.




2. Pantai Plengkung

Bagi pecinta selancar atau surfing, Plengkung menjadi salah satu Surganya para peselancar dunia. Beberapa peselancar beranggapan tak ada ombak terbaik selain di Plengkung G-Land ini. Turis luar negeri pun tak kalah banyak yang tertarik mencoba tantangan Plengkung, apalagi orang lokal. Tempat yang punya ombak sempurna ini masih di kawasan banyuwangi selatan tepatnya di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Praktis perjalanan menuju Plengkung G-Land harus melewati Alas Purwo terlebih dahulu. Karena di kelilingi hutan lebat maka tak heran banyak orang menyebutnya ”Surga kesunyian”.

3. Pantai Teluk Hijau atau Green Bay

Green Bay terletak di kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Dan masih berada di kawasan TN. Meru Betiri. Untuk menuju tempat Teluk Hijau alias gren bay, kita melewati jalur yang sama seperti menuju Rajeg Wesi ataupun Pantai Sukamade. Beruntung Teluk hijau adanya sebelum kedua pantai tersebut. Pemandangan indah dan menakjubkan jiika di lihat dari atas bukit. tebing tebing tinggi yang hijau serta hempasan ombak dari laut yang bersih. Tapi kamu belum sampai tujuan pantainya alias tujuan utamanya.

Kebanyakan di Taman Nasional Meru Betiri ini adalah tujuan utamanya Sukamade dan Rajeg Wesi, sehingga kadang pengunjung hanya berhenti sejenak dan melihan teluk hijau dari kejauhan sembari istirahat sebelum melanjutkan perjalanan. Jika ingin menyusuri sedikit hutan dan bukit pasti sampe Pantainya karena pantai utamanya berada di balik bukit, misterius. Beberapa pengunjug mengakui bahwa panorama alam di Green Bay jauh lebih indah daripada Pantai Sukamade atau Pantai Rajeg Wesi. pasir yang putih,air yang bening, serta di tengahnya tak jauh dari pantai ada bukit atau pulau kecil. Di salah satu sisinya juga ada batu,entah batu apa itu berwarna kuning kecoklatan.

4. Pantai Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan terletak persis di tengah Selat Bali yang memisahkan Pulau Jawa dan Pulau Bali. Pulau Tabuhan masuk desa Bangsring kecamatan Wongsorejo kabupaten Banyuwangi. Pemandangan yang luar biasa yang dapat dinikmati oleh para wisatawan di Pulau Tabuhan adalah hamparan pasir putih yang mengelilingi Pulau Tabuhan, hamparan luas batu karang dan coral reef yang sangat menyejukkan mata para wisatawan yang datang di Pulau Tabuban, mercusuar yang menjulang tinggi yang berada di sisi timur, burung camar yang terbang melayang diderunya air laut.

5. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade ini termasuk di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Semua kawasan pantai yang berada di TN Meru betiri berada di pesisir selatan. Praktis, seperti pantai lain di pesisir selatan provinsi Yogyakarta lautnya masih bersih dan alami karena belum banyak di jamah orang.

Pantai Sukamade menjadi tempat konservasi Penyu, ada penangkaran penyu. Jika ingin ke penangkaran buaya anda bisa pantai Tanjung Pasir. Akses ke pantai Sukamade tergolong berat sehingga dibutuhkan jiwa petualang yang besar. Akses jalan masih berbatu dan terkadang harus menyebrangi sungai. Areal hutan alami masih sangat luas di TN Meru Betiri ,hingga kita masih bisa melihat monyet liar. Kepayahan kaki anda akan terbayar lunas saat tiba di pantai. Airnya yang hijau dan bening serta pantai yang bersih akan memanjakan mata kita. Bagi yang suka foto-foto, persiapkan kamera untuk merekam berbagai pemandangan menarik. Mengingat jalannya yang relatif terjal, ada baiknya menggunakan sepeda motor sport.

6. Pantai Bama

Pantai Bama masuk dalam kawasan TN Baluran. Karena masih wilayah taman nasional, kondisi Pantai Bama Banyuwangi masih alami dan sangat eksotis. Sebagai penunjang ekosistem pantai, kita bisa menemui hutan bakau yang rimbun di beberapa bagian pantai Bama. Pantai Bama enak untuk wisatga keluarga karena pantainya bersih, airnya jernih dan dangkal.

Salah satu keunggulan pantai Bama adalah terumbu karang di dasar laut. Anda bisa menikmati penyelaman (snorkling)dan melihat dari deka terumbu karang tersebut. Di Pantai Bama banyak terdapat monyet liar seperti di air terjun Tawangmangu. Siapkan stamina ketika hendak berjalan kaki menuju pantai Bama karena akses menuju pantai Bama dari pintu gerbang TN Baluran relatif jauh dan terjal. Di sela-sela perjalanan menuju pantai Bama, kita disuguhi pemandangan menarik hutan tropis belantara dan burung liar beterbangan.

7. Pantai Bedul dan Mangrove nya

Wisata Pantai Bedul atau juga disebut dengan wisata Mangrove Blok Bedul, letaknya berada di Dusun Bloksolo, Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi. Wilayah ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo (TNAP). Wisata Mangrove Bedul memang terletak di tengah-tengah antara pantai Grajagan dan Purwo serta Plengkung (G-Land).

Sebutan Wisata Mangrove tidaklah berlebihan untk menyebut tempat wisata di pantai Bedul ini. Sebab wisatawan yang berkunjung ke tempat itu akan menjumpai ribuan pohon Mangrove atau bakau. Sejauh mata memandang, hutan mangrove itu menaungi perairan Blok Bedul. Blok Bedul merupakan daerah hilir dari DAS Stail. Aliran sungai itu membentuk rawa air payau. Warga sekitar menyebut kawasan ini dengan Segara Anakan.Wisata Mangrove Bedul mempunyai 26 jenis mangrove yang berada di areal seluas 1.200 hektare dan berfungsi menahan abrasi air laut.

No comments:

Post a Comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags