Pages

Share

7 Pantai yang Indah di Pulau Lombok

Monday 4 May 2015

1. Pantai Gili Trawangan


Gili Trawangan adalah salah satu pulau yang paling terkenal di Lombok. Pulau kecil yang berada di sebelah barat laut Pulau Lombok ini tak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah, wisatawan pun bisa melakukan berbagai aktivitas yang diinginkan. Selain itu, wisatawan juga bisa bergabung dalam pesta pantai di malam harinya.

Gili Trawangan memiliki fasilitas-fasilitas yang berstandar internasional, karena sangat terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Mayoritas wisatawan yang berkunjung adalah dari luar negeri. Di bagian sebelah Tenggara Gili Trawangan wisatawan bisa menemui pantai yang sangat indah, dengan bentangan pasir putihnya yang lembut. Sedangkan di sisi bagian yang lain di sebelah barat, wisatawan akan menemui pantai yang cukup sunyi dan tenang. Tempat yang tepat untuk yang menyukai ketenangan. Tentu saja dengan pemandangan yang indah serta pasir putih. Hanya saja pasir di bagian barat ini agak sedikit kasar dibandingkan pantai bagian timur.


2. Pantai Senggigi


Pantai Senggigi adalah salah satu wisata pantai di Lombok yang paling terkenal. Ketenaran pantai ini sudah dikenal oleh para wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Pantai Senggigi terleletak di wilayah pantai barat Lombok.
Ada sebuah gazebo yang besar tepat di gerbang masuk pantai. Gazebo tersebut biasanya dipakai oleh para pemancing sebagai tempat istirahat. Karena perairan tersebut berombak relatif tenang, wisatawan bisa berkano maupun snorkling untuk menikmati keindahan pemandangan bawah air tanpa takut terbawa arus
Jika beruntung, wisatawan dapat menyaksikan berbagai macam festival, baik festival lokal maupun festival internasional. Karena Pantai Senggigi lebih populer di kalangan komunitas lokal, nasional dan internasional dibanding pantai Lombok yang lain.

3. Pantai Kuta


Pantai Kuta di sini bukan Pantai Kuta yang ada di Pulau Bali, melainkan Lombok. Terletak di wilayah selatan Pulau Lombok, pantai nan indah ini memiliki hamparan pasir yang lebih bersih dan putih, serta garis pantai yang lebih bergelombang, dengan jajaran terumbu karang yang sehat. Sehingga menyuguhkan kepada Anda pemandangan yang romantis dan menakjubkan.
Di sebelah barat pantai, terdapat sebuah bukit yang dinamai Bukit Mandalika. Di puncak Bukit Mandalika, wisatawan akan menemui pemandangan Pantai Kuta yang terbentang indah, dengan air lautnya yang bening, bahkan melihat gugusan terumbu karangnya. Di pantai Kuta ini, banyak aktivitas yang dapat dilakukan seperti snorkling, berselancar, atau hanya sekedar bermain air sembari menanti sunset yang indah. 

4. Pantai Sire


Pantai Sire cukup digemari para pengunjung domestik ketika liburan. Pantai ini menyuguhkan pemandangan yang indah, termasuk pemandangan sisi Timur Gunung Rinjani. Pantai Sire Lombok memiliki garis pantai yang terbilang panjang, yaitu sekitar 3,8 Kilometer, dengan garis pantai yang berlekuk-lekuk. Pasir pantainya tidak terlalu putih, namun memiliki tekstur yang lembut. Perairannya cukup tenang, menjadikan pantai ini tepat untuk aktivitas air.

Di Pantai Sire, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas air seperti canoeing, snorkeling, atau berenang  dengan menggunakan pelampung. Pada sore hari, wisatawan bisa memancing atau menikmati pemandangan sore yang dihiasi dengan burung camar yang berterbangan.

Di sekitar pantai, pohon-pohon kelapa ditata sedemikian rapi. Rumputnya yang hijau juga terlihat seperti hamparan karpet, menjadikan Pantai Sire tempat yang tepat untuk berekreasi bersama keluarga.

5. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal, terutama keindahan dan keasriannya serta kebersihan area pantai. Pantai ini memiliki garis pantai yang melengkung seperti bulan sabit. Dengan beberapa bukit di bagian ujung sabit. Sebagai bagian dari Teluk Selong Belanak, pantai ini memiliki tepi dengan panjang sekitar 1 Kilometer dan berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. 
Wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas di area pantai ini, seperti sekedar bersantai, berjalan-jalan menikmati suasana, berjemur, berenang, dan lain sebagainya. Wisatawan juga bisa menyewa perahu nelayan setempat untuk memancing. Atau menyaksikan kehidupan penduduk setempat yang sederhana. 
Walaupun tidak sepopuler pantai-pantai lainnya di Pulau Lombok, namun Pantai Selong Belanak memiliki kekhasan tersendiri. Pantai ini memiliki suasana yang sepi dan damai. Pantai ini akan ramai dikunjungi pada masa liburan. Untuk mendapatkan suasana santai dan tenang, Pantai Selong Belanak Lombok menjadi tempat yang sangat cocok.

6. Pantai Tanjung Aan
Pantai Tanjung Aan di Pulau Lombok terletak sekitar 75 Kilometer dari Kota Mataram, atau sekitar 3 Kilometer dari Pantai Kuta Lombok. Pantai Tanjung Aan ini dikelilingi oleh beberapa bukit. Wisatawan bisa dengan mudah mencapai bukit tersebut, bila ingin melihat penamdangan Pantai Aan yang indah dari ketinggian. 
Di sekitar wisata pantai Lombok ini, wisatawan akan menemui beberapa payung kayu dengan rajutan jerami sebagai atapnya. Salah satu cara untuk menikmati Pantai Tanjung Aan adalah dengan berbaring di bawah payung tersebut, sembari menikmati kelapa muda yang bisa Anda beli di sekitar pantai. Anda juga bisa mengunjungi deretan restoran yang menyediakan berbagai macam masakan. Anda bisa mencoba menu-menu masakan setempat, sambil menikmati keindahan Pantai Tanjung Aan yang menakjubkan.

7. Pantai Surga


Seperti namanya, Pantai Surga bagaikan surga yang terdampar di Pulau Lombok. Wisata pantai Lombok ini menyimpan seribu pesona yang akan membuat merasa takjub dengan keindahannya.
Pantai Surga relatif terpencil letaknya karena berada di ujung teluk. Namun pesonanya melebihi pantai-pantai yang ada di Pulau Lombok. Pantai ini diapit oleh dua tebing yang tinggi, sedangkan pantai utamanya terletak tepat diengah-tengah dua tebing tersebut. Pantai Surga membentang tak lebih dari 600 Meter. Bentuknya seperti huruf U, dengan tepi pantai yang keseluruhannya tertutup oleh pasir putih.

No comments:

Post a Comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags