Pages

Share

7 Air Terjun Yang Elok Rupawan di Sumatera Barat

Tuesday 5 May 2015

1. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai teretak persis di pinggir jalan antara Padang dan Bukittinggi. Air terjun ini merupakan bagian dari kawasan Cagar Alam Lembah Anai. Cagar alamnya adalah kawasan hutan lindung dengan hutan tropis dan beraneka jenis flora dan fauna. Alam yang hijau, dan flora dan faunanya, menjadi daya tarik tersendiri dari Lembah Anai.





2. Air Terjun Lubuak Bulan

Air Terjun Lubuak Bulan terletak di Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Kabupaten Lima Puluh, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Tepatnya berada di kawasan Jorong Balai Koto Tinggi Kubang Balambak. Air Terjun ini memiliki keunikan yaitu pada kolam tempat air terjun tersebut jatuh justru tidak terdapat aliran sungai tempat air terjun mengalir. Air yang jatuh dari ketinggian seperti hilang.




3. Air Terjun Timbulun

Air Terjun Timbulun terletak di sebelah timur Kota Painan, tepatnya di Kampung Painan Timur, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan. Air Terjun Timbulun mempunyai 7 tingkatan. Masing-masing tingkatan membutuhkan kesabaran dan perjuangan untuk mencapainya. Pengunjung biasanya mencukupkan diri untuk sampai pada titik tingkatan kedua. Sebab, dari titik ini hingga titik selanjutnya, medan yang akan ditempuh akan semakin berat. Perlu peralatan memadai untuk sampai ke tingkatan terakhir. 

4. Air Terjun Babang

Air Terjun Babang terletak di Dusun Surantiah, Kota Buruak, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Air Terjun ini memiliki 3 tingkatan. Tingkat pertama biasanya dihuni oleh anak-anak karena lubuknya yang dangkal. Lubuk yang agak dalam ada pada tingkatan kedua dengan ketinggian air terjun mencapai 20 meter. Sementara letak tingkatan ketiga bisa dibilang sangat jarang dikunjungi karena jaraknya yang cukup jauh. Hanya penduduk lokal yang mungkin pernah sampai ke tingkatan ketiga tersebut.

5. Air Terjun Nyarai
Air Terjun Nyarai terletak di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat. Air Terjun Nyarai tidak hanya menghadirkan keindahan Air Terjunnya saja. Lokasinya yang berada di pedalaman hutan, membuat kita harus mencapainya dengan berjalan kaki menerobos hutan Gamaran. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan oleh berbagai pemandangan alam yang masih asri dan sangat sayang untuk dilewatkan. Selain itu ada beberapa lubuak (kolam alami) yang akan dilewati seperti Lubuak Lalang, Lubuak Ngungun dan Lubuak Batu Taduang. Jika sampai ke Air Terjun Nyarai dijamin semua rasa lelah selama perjalanan akan terobati dengan indahnya air terjun Nyarai. Airnya yang berwarna kehijauan serta diapit oleh dua tebing batu yang besar.

6. Air Terjun Talago

Air Terjun Talago terletak di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman. Air Terjun Talago mempunyai suasana yang lebih dingin, lebih hijau dengan lubuk yang lumayan luas. Air Terjun Talago berjarak sekitar 7 jam dari Air Terjun Nyarai. Memang, bukan perjalanan biasa untuk sampai ke sana. Ketahanan fisik, kesiapan logistik dan keperluan lain mesti siap sedia jika ingin bertemu dengan air terjun tersebut.

7. Air Terjun Belek

Air Terjun Belek terletak di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Untuk sampai ke sini, mesti melewati lebatnya pepohonan. Dibutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam untuk menembus belantara Gamaran. Tentunya, akan menjadi petualangan yang menakjubkan. Air Terjun Belek sendiri hanya mempunyai ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini tergolong sunyi dan tenang. Cocok dengan suasana pekat belantara di sekitarnya. 

No comments:

Post a Comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags