Pages

Share

Pantai Pancer, Pantai yang Indah dengan Hasil Tangkapan Ikannya di Selatan Banyuwangi

Thursday 17 September 2015

Banyuwangi memang memiliki banyak potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi, terutama pantai. Rasanya tak ada habisnya untuk mengunjungi setiap sisi pantai yang memiliki ciri khas masing-masing. Yang satu ini adalah pantai para nelayan Banyuwangi Selatan, yaitu Pantai Pancer. Adakah yang belum pernah menyambangi pantai cantik ini?

Pantai Pancer terletak di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Sebenarnya pantai ini berada dalam satu baris Pantai Pulau Merah. Ya, memang garis pantai nya sangat panjang. Untuk sampai ke Pantai Pancer, sama seperti jalan ke Pantai Pulau Merah. Jika Pulau Merah jalannya lurus, maka untuk ke Pancer anda belok ke kanan. Jalannya cukup mudah karena sudah beraspal dan tidak berlika liku.

Terdapat tempat pelelangan ikan (TPI) di pantai ini. Berbagai ikan laut yang segar ada di sini. Tempat ini tak pernah sepi pengunjung baik yang ingin membeli ikan hasil tangkapan nelayan setempat maupun yang hanya sekedar berwisata. Pancer adalah desa para nelayan, karena sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan. Tak perlu khawatir dengan bau amis. Para penjual ikan segar mempunyai pasarnya.

Tempat Pelelangan Ikan di Pancer

Anda di sini ingin piknik? Membeli ikan dari nelayan yang baru turun dari kapal boleh juga. Pasti sedap rasanya menjadi ikan bakar dan dimakan bersama kawan. Di bawah pohon kelapa yang rindang dan berjejer rapi, menambah kesejukan tersendiri. Tapi jangan lupa untuk membersihkan sampah Anda buat, demi bumi kita yang hijau dan bersih.

Warna pasir pantai yang putih kecoklatan membuat pantai ini semakin cantik saja. Anda dapat bermain pasir dengan keluarga tercinta, atau bersantai di atas pasirnya yang hangat dan ditemani sebuah es kelapa muda dingin pasti suasana menjadi menyenangkan. Cocok sekali untuk rekreasi keluarga, tapi jangan biarkan anak Anda bermain air terlalu jauh, apalagi tanpa pengawasan.

Di sisi kanan pantai Pancer, terdapat sebuah dermaga yang tersusun dari batuan besar dan berbentuk memanjang. Anda dapat berjalan-jalan di atas sana dan dari ujung dermaga Anda dapat melihat perairan Samudra Hindia. Jika di pagi hari sekitar jam 9 atau 10, Anda akan melihat banyak kapal nelayan menuju ke arah Anda. Ya, istilahnya tempat parkir perahu nelayanlah dermaga itu. Jika waktu istirahat untuk berlayar, Anda akan melihat perahu yang berjejer dengan rapi dan berwarna warni. Sangat mengagumkan.

Perahu nelayan saat akan menepi

Jika Anda mempunyai kesempatan untuk berkunjung ke Pantai Pancer ini, cobalah untuk mampir sekalian ke Pulau Merah dan Wedi Ireng yang jaraknya saling berdekatan dan memiliki pemandangan yang menakjubkan. Jika waktu Anda cukup luang, Pantai Lampon, Rawa Biru, dan Teluk Ijo juga akan menarik untuk Anda kunjungi. Jangan khawatir dengan penginapan karena ada beberapa homestay di sekitar Pulau Merah dan Pantai Pancer.

No comments:

Post a Comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags