Pages

Share

Coban Talun, Air Terjun yang Menawan Untuk Wisata di Malang

Saturday 19 September 2015

Malang adalah kota yang terkenal dengan kota wisata. Tak ada habisnya jika berbicara tentang wisata di kota ini. Berbagai macam wisata sepertinya lengkap ada di sini mulai dari taman rekreasi, taman bunga, museum, pantai, maupun air terjun. Air terjun yang cukup menarik dan saya rekomendasikan untuk Anda kunjungi yaitu Coban Rondo, Coban Jahe, dan Coban Talun. Tapi kali ini yang akan dibahas yaitu Coban Talun, untuk Anda yang suka dengan tantangan.

Coban Talun terletak sekitar 15 km dari pusat kota atau tepatnya di Desa Tulungrejo. Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang. Untuk sampai ke sana, dari kota Malang menuju arah kota Batu. Selanjutnya ke arah Selecta, taman bunga yang menjadi andalan wisata kota Batu. Tapi perjalanan masih terus melalui jalanan naik dan berliku hingga sampai papan petunjuk ke arah Coban Talun, ambil arah kiri. Ikuti jalanan sampai Anda menemukan pintu masuk Coban Talun.

Untuk tiket masuknya dikenakan tarif Rp 5.000/orang, dan untuk biaya parkir hanya Rp 1.000. Cukup murah untuk melihat air terjun yang cantik ini. Dari area parkir, Anda bisa memulai perjalanan dengan berjalan kaki. Tapi kalau ingin membawa motor Anda pun tak apa, selama bukan motor matic. Karena di awal perjalanan setelah area parkir yang dilengkapi warung makan dan jajanan khas Coban Talun, Anda akan menemui jalanan pendek yang curam dan sungai yang tak pernah kering.

Sungai yang mengalir di Coban Talun

Anda akan mendapatkan sensasi yang berbeda selama berjalan kaki menapaki jalan kecil di tengah hutan yang hijau. Terlihat aliran sungai jernih sepanjang jalan. Sangat terasa kesejukannya. Memang agak melelahkan, karena perjalanan ini harus menempuh sekitar 3 km ditambah jalanan curam setelah dekat lokasi Coban Talun itu sendiri. 

Kelelahan yang Anda rasakan akan segera terbayar oleh indahnya air yang mengalir dari atas batu setinggi 15 meter itu. Bebatuan dengan berbagai bentuk dan ukuran tapi khas, tertata sedemikian rupa sehingga menambah keeksotisan Coban Talun. Anda pun dapat menjelajahi sepanjang aliran airnya dengan batuan sebagai pijakan.

Jika beruntung, Anda dapat melihat pelangi di sini. Biasanya pada pagi hari pelangi ini nampak berwarna warni. Bangun lebih pagi ya untuk mendapatkan momen berharga ini. Jangan tinggalkan kamera di atas Anda, karena sangat disayangkan jika Anda tak mengabadikan momen indah ini.

Pelangi di Coban Talun

Titik demi titik di Coban Talun sepertinya sayang untuk tak dinikmati. Dari sisi manapun Anda memandang, Coban Talun tetap terlihat menarik. Maka dari itu, jangan tinggalkan kamera di tas Anda. Abadikan setiap momen berharga dengan keindahan Coban Talun maupun keromantisan suasana dengan pasangan. 

Lebih baik Anda membawa bekal seperti snack, roti, maupun minuman untuk mengganjal perut. Warung terdekat hanya di area parkir terakhir Anda menitipkan kendaraan. Dan jangan lupa membawa trash bag untuk sebagai untuk menaruh sampah yang dihasilkan oleh kita sendiri. Alangkah baiknya jika sampah yang berserakan juga kita bawa pulang. Demi wisata kita yang bersih dan indah serta mengembalikan bumi yang hijau dan asri.

No comments:

Post a Comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags