Pages

Share

Pantai Balekambang, Pantai Tanah Lotnya Malang

Friday 18 September 2015

Malang adalah kota yang terkenal dengan potensi wisata yang memukau, dan beragam wisata ada di sini. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Mulai dari taman rekreasi, taman bunga, museum, air terjun, gunung, dan pantai. Pantai di sepanjang garis selatan Malang sangat indah, salah satunya yaitu pantai Balekambang dengan pesona pura di atas pulau kecilnya.

Pantai Balekambang terletak sekitar 65 km dari pusat kota atau tepatnya di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini lebih dikenal dengan Tanah Lotnya Jawa Timur. Mungkin karena adanya sebuah pura yang dibangun di atas pulau kecil di bibir pantai yang memang nampak seperti Tanah Lot yang ada di Bali. Walau begitu, keindahan yang ditawarkan Balekambang tak kalah dengan Tanah Lot. Terdapat sebuah jembatan yang digunakan untuk menyeberang ke pura, tempat peribadatan umat hindu setempat.

Pura tersebut memang dijadikan tempat wisata yang menjadi primadona Balekambang itu sendiri. Tapi pada hari-hari tertentu umat hindu, wisatawan tidak diperkenankan untuk memasuki pura. Dan untuk wanita khususnya yang sedang datang bulan juga tidak diperkenankan masuk. Persyaratan khusus ketika akan memasuki pura yaitu harus berpakaian sopan dan tertutup.

Pasir putih yang memperindah pantai Balekambang akan menambah nilai tersendiri. Anda dapat menikmati keindahan deburan ombak yang bergulung lirih di atas hangatnya pasir pantai. Berpiknik bersama keluarga pun menjadi sangat menyenangkan sambil menikmati hidangan khas pantai Balekambang. Jika anak Anda ingin bermain air, tak usah khawatir. Airnya cukup dangkal dan tenang di tepi.

Jangan terburu-buru pulang jika sudah berada di sini. Sangat disayangkan jika Anda melewatkan saat momen sunset, karena warna jingga yang terpancar dari ufuk barat dan pantulan warnanya ke laut menjadi lukisan yang sangat sempurna. Kamera pun tak luput untuk mengabadikan momen langka ini.
Panorama sunset di pantai Balekambang

Jika hari sudah terlalu gelap untuk melakukan perjalanan pulang, tak perlu cemas. Di sekitar Balekambang terdapat bebrapa penginapan untuk Anda. Lebih baik jika Anda memesan dulu beberapa hari sebelumnya karena kemungkinan kamar penuh. Suasana malam pun sangat romantis dan tepat sekali jika Anda mengajak pasangan. Bangun tidur sepagi mungkin agar tidak ketinggalan momen sunrise yang begitu memikat. Wah, sepanjang waktu di Balekambang sepertinya sangat berarti ya. Jadi tunggu apa lagi untuk menyambangi tempat indah ini?

Panorama sunrise di pantai Balekambang

Pantai Balekambang adalah tempat yang cocok untuk siapa saja yang ingin menikmati suasana pantai. Ada beberapa fasilitas yang sudah tersedia di sini seperti flying fox, arena bermain anak, mushola, tempat makan, dan masih banyak lagi. Apapun aktivitas Anda, jagalah kebersihan tempat wisata kita demi bumi yang hijau dan asri. Ada satu lagi pantai indah yang dekat dengan Balekambang yaitu pantai Kondang Merak yang cukup menatik. Tak ada salahnya untuk sekalian mengunjungi tempat ini.

No comments:

Post a Comment

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags