Pages

Share

5 Tempat Wisata di Kabupaten Bantaeng yang Wajib diKunjungi

Friday 1 May 2015

1. Pantai Marina

Terletak di Desa Baruga, Kecamatan Pajukukang, sekitar 18 kilometer dari Kota Bantaeng. Perjalanan menuju ke sana dapat ditempuh sekitar 30 menit, melewati jalan poros Bantaeng ke arah Kabupaten Bulukumba. Pantai pasir putih ini terletak tidak jauh dari jalan raya. Pengunjung dapat menggunakan mobil ataupun motor untuk menuju tempat tersebut. Dari jalan raya terdapat jalan yang dapat dilalui kendaraan bermotor yang jaraknya tak lebih dari 1km dari jalan poros Bantaeng ke arah Bulukumba tapi jika anda kelelahan, lapar ataupun haus dalam perjalanan anda dapat beristrahat di tempat persinggahan ataupun Pusat jajanan yang terletak di depan sebelum gerbang loket masuk Pantai marina.



2. Pantai Seruni

Terletak di Kelurahan Tappanjeng, Kecamatan Bantaeng, berada dalam Kota Bantaeng. Perjalanan menuju ke sana dapat ditempuh sekitar 5 menit, melewati jalan poros. Di sini ada dermaga sebagai tempat berlabuhnya perahu-perahu nelayan atau perahu yang membawa barang. Sepanjang pantai terdapat tempat duduk yang terbuat dari tembok yng memanjang dari timur ke barat dan setiap sore muda mudi bantaeng banyak yang duduk disini sambil menanti matahari terbenam(sunset) yang dapat dijumpai setiap hari.

3. Air Terjun Bissappu

Terletak di Desa Bonto Salluang, Kecamatan Bissappu, sekitar 5 kilometer dan Kota Bantaeng. Perjalanan menuju ke sana dapat ditempuh sekitar 15 menit, melewati jalan aspal dengan tanjakan berkelok-kelok. Perjalanan menuju ke sana sebaiknya dilakukan di waktu pagi atau sebelurn siang hari. Di sepanjang jalan, anda dapat merasakan udara sejuk dengan pemandangan alam berupa pepohonan hijau di kanan-kiri jalan. Setelah tiba di lokasi tujuan wisata, anda dapat menyaksikan pohon jati di sekitar air terjun. Untuk dapat melihat air terjun, pengunjung harus berjalan melewati anak tangga yang bersusun ke bawah.

4. Gua Batu Ejayya

Gua ini terletak di Kelurahan Bonto Jaya, Kecamatan Bissappu, sekitar 16 Km dari Kota Bantaeng. Gua ini dari kejauhan sudah nampak, karena berada di atas bukit yang datar. Letaknya sekitar 300 meter dari jalan raya. Di sekitar gua ini terdapat banyak pohon randu. Masyarakat setempat menggunakan buah kapuk randu itu sebagai bahan baku membuat kasur.
Gua terbentuk dari batu kapur yang terjadi pada zaman plestosin. Gua semacam ini sering disebut abris sous rouce. Pada zaman plestosin, es yang ada di Kutub Utara dan Kutub Selatan mencair. Akibatnya, terjadi air pasang hingga beberapa meter di atas permukaan laut dan air menutupi sebagian besar daratan. Karena adanya pukulan-pukulan ombak ke gunung batu kapur, maka terbentuklah apa yang disebut gua.




5. Air Terjun Bantimurung
Masih terletak di Desa Bonto Salluang, Kecamatan Bissappu, sekitar 9 Km dari ibukota Bantaeng. Lokasinya dapat ditempuh sekitar 10 menit melewati tanjakan berkelok-kelok. Perjalanan menuju ke sana sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sebelum siang hari. Anda dapat merasakan sejuk dengan pemandangan alam berupa pepohonan yang hijau di sepanjang jalan dan hamparan sawah. Untuk dapat melihat Air Terjun Bantimurung, pengunjung harus melewati jalan setapak yang sedikit berkelok. Taman di sekitar air terjun itu tertata secara alami. Di sekitarnya, pengunjung dapat bermain dan berenang di sungai kecil serta cocok untuk olah raga yang cukup membutuhkan energi adrenalin tinggi.

6. Air Terjun Sungai Bialo

Objek dan daya tarik wisata ini terletak di Desa Pattaneteang, Kecamatan Tompobulu, sekitar 25 Km dari ibukota Bantaeng dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Bulukumba. Lokasinya dapat ditempuh sekitar 40 menit melewati tanjakan lurus dan berkelok-kelok. Perjalanan menuju ke sana sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sebelum siang hari. Anda dapat merasakan sejuk dengan pemandangan alam berupa pepohonan yang hijau di sepanjang jalan, hamparan sawah, kebun, cokelat, kebun kopi, kebun rambutan, kebun durian dan kebun cengkeh. Pengunjung harus melewati tangga agar dapat melihat dan menikmati dinginnya air terjun dan sungai bialo. Anda dapat memilih tempat yang aman dan tenang untuk berenang serta bermain di sekitar sungai dan air terjun. Di sekitar sungai dan air terjun, pengunjung bisa menikmati keindahan alam, semak belukar, batu-batuan, kicauan burung dan gemericik air yang mengalir.

7. Pantai Lamalaka

Kawasan Pantai Lamalaka terletak di Kelurahan Lembang, Kecamatan Bantaeng. Pantai berada di pusat Kota Bantaeng. Objek wisata ini dapat dijangkau hanya dengan berjalan kaki dari tempat penginapan yang ada di Kota Bantaeng. Tak jauh dari pantai terdapat kafe, restoran, rumah makan, gedung kesenian dan tanaman pantai. Anda dapat berjalan-jalan di pantai, terutama pada waktu pagi. Menyusuri tepi pantai dan tanggul pemecah ombak sambil mendengar desiran ombak laut. Di tepi pantai banyak perahu nelayan yang berlabuh di antara tanaman rumput laut. Selain melihat nelayan yang sibuk memanen rumput laut, Anda juga dapat melakukan aktifitas pantai seperti berenang dan berjemur di pantai atau memancing. 

1 comment

  1. wah baru tauk aku.. kalau ada juga air terjun bantimurung di bantaeng...

    ReplyDelete

 

Obyek Wisata Padang

Most Reading

Tags